Sukses

MIND ID Umumkan Pemenang Kompetisi BIGMIND Innovation Award 2022  

Liputan6.com, Jakarta BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, mengumumkan pemenang kompetisi BIGMIND Innovation Award 2022.

Mengusung tema inovasi untuk akselerasi pertambangan, kompetisi ini terdiri dari dua kategori kompetisi utama, yaitu konseptual dan implementasi.

Ketua Program BIGMIND Innovation Award 2022, Pratiwa Dyatmika menuturkan kompetisi Boosting Innovator and Greenovator in the Mining Industry (BIGMIND) tahun ini merupakan upaya yang dilakukan MIND ID untuk meningkatkan pertumbuhan industri pertambangan yang berkelanjutan dengan mengundang kontribusi riset dan inovasi anak bangsa melalui perkembangan teknologi digital demi memperkuat tata kelola operasional industri.

“BIGMIND Innovation Award ini sebagai bukti pelaksanaan komitmen Perusahaan terhadap mandat Pemerintah untuk mengedepankan inovasi pada sektor minerba, serta sejalan dengan budaya AKHLAK BUMN, terutama pada pilar Kompeten,” ujar Pratiwa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Kompetisi BIGMIND Innovation Award 2022 diluncurkan pada 13 Mei 2022 lalu dengan serangkaian roadshow di empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Medan, Palembang dan Makassar.

Melalui roadshow, MIND ID mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan inovasi pada setiap kegiatan operasional industri pertambangan dengan tujuh topik, yakni proses bisnis, digitalisasi, eksplorasi, pertambangan, proses industri termasuk pengolahan dan pemurnian, CCUS dan dekarbonisasi.

Hingga 30 Juni, BIGMIND Innovation Award 2022 menerima total 225 karya inovasi anak bangsa yang berasal dari berbagai elemen, mulai dari praktisi, akademisi, hingga sejumlah komunitas di seluruh Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ratusan Karya Inovasi

Ratusan karya inovasi itu lalu dikerucutkan menjadi 42 tim semifinalis yang diseleksi lagi menjadi 20 tim finalis, di mana 11 finalis kategori konseptual dan 9 finalis untuk kategori implementasi.

Setelahnya, seluruh finalis dibekali mentoring dengan beberapa pakar dari internal MIND ID yang berkaitan dengan karya inovasi masing-masing finalis yang berlangsung selama sebulan dari tanggal 24 Oktober sampai 23 November 2022.

Sebelum memasuki tahap final, semua tim finalis juga didatangkan langsung ke Jakarta pada 24 November untuk mengikuti workshop yang berlangsung di Hotel Avenzel Cibubur.

Pada kesempatan kali ini, ke-20 tim finalis dibekali pengayaan tentang Business Objective Letter (BOL) oleh Verisca Hutanto selaku Kepala Divisi Business Initiation MIND ID. Dilanjutkan materi Business Presentation Skill dari Erwin Parengkuan, CEO & Founder TALKINC. Rangkaian pembekalan ini dilakukan untuk mempersiapkan karya inovasi dan diri peserta sebelum memasuki tahap penjurian final yang dilangsungkan pada 25 November.

Di panggung final BIGMIND Innovation Award 2022, ke-20 finalis kemudian mempresentasikan karya inovasi mereka di hadapan 18 juri, yang berasal dari pihak internal MIND ID dan pihak eksternal seperti Kementerian BUMN, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kementerian ESDM, juga sivitas akademika dari sejumlah universitas terkemuka di Indonesia.

Masing-masing kategori memperebutkan enam posisi juara dengan komposisi tiga juara utama dan tiga juara harapan untuk setiap kompetisi. 

 

3 dari 4 halaman

Acara Penganugerahan Pemenang

Para juara akhirnya diumumkan pada Acara Penganugerahan Pemenang di Pelangi Park, pada Minggu (27/11) bersamaan dengan Acara Perayaan HUT MIND ID ke-5.

Penganugerahan gelar juara disampaikan oleh sejumlah tokoh MIND ID, yakni Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan, Direktur Operasi & Portofolio MIND ID Danny Praditya, dan Dilo Seno Widagdo selaku Direktur Pengembangan Usaha MIND ID.

“Karya inovasi yang di sampaikan sangat beragam dan original, paparan dampak terhadap inovasi yang disampaikan menjadi kategori penilaian dari para dewan juri,” ujar Dilo yang juga sebagai ketua dewan juri pada BIGMIND Innovation Award 2022.

Pada saat yang sama, tim finalis juga melakukan mini exhibition di area booth inovasi Demo Day. Di sini ke-20 tim finalis berkesempatan untuk memamerkan dan menjelaskan tentang karya inovasinya masing-masing kepada tiap pengunjung booth. Pengunjung booth juga berkesempatan untuk melakukan voting untuk 2 karya inovasi terfavorit mereka.

Tak hanya juara utama dari setiap kategori, MIND ID juga menganugerahkan penghargaan Karya Inovasi Terfavorit yang dimenangkan oleh Tim SS Be Back dari PT ANTAM Tbk yang diumumkan oleh Ratih Dewihandajani Amri selaku SVP IMMRI MIND ID.

Adapun karya inovasi juara akan ditinjau lebih lanjut dalam kegiatan inkubasi untuk diikutsertakan dalam kompetisi inovasi internasional, juga diimplementasikan dalam operasional MIND ID.

“Ini bukan akhir dari karya inovasi, tapi justru ini awal dari perjalanan dan penerapan karya inovasi di industri sebenarnya. Saya tunggu keterlibatan para innovator untuk memajukan industri pertambangan di Indonesia, karena saya percaya inovasi itu sesuatu yang berkelanjutan. BIGMIND, Sustainnovation,” tambah Dilo.

 

 

4 dari 4 halaman

Daftar Pemenang

Sebagai informasi tambahan, berikut daftar lengkap karya inovasi dan pemenang BIGMIND Innovation Award 2022.

Kategori Konseptual:

Juara 1: Optimized Anode Production Through Digital Transforming Powered By Machine Learning Integrated Data Analytic oleh tim Mobil Bertulang dari PT Inalum (Persero)

Juara 2: INALUM Smart Smelter: Digital Twin Transformation Development oleh tim the Shining Blue dari PT Inalum (Persero)

Juara 3: Banka Tina: Konservasi Mineral Timah menjadi Produk SnO2 Nano Powder oleh tim Carbonese dari PT Timah Tbk & Universitas Indonesia

Juara Harapan 1: Pemanfaatan Kalor Slag sebagai Sumber Energi Panas pada Rotary Dryer dan Rotary Kiln oleh tim Transient Heat Exchanger dari PT ANTAM Tbk & Perorangan

Juara Harapan 2: Peuyeumisasi Sampah (PS) sebagai Alternatif Reduktor Pada Peleburan Bijih Nikel Laterit oleh tim Peduli Masyarakat II dari Institut Teknologi Bandung

Juara Harapan 3: Kajian Keekonomian Pabrik Caustic Soda dari Garam (NaCl) dengan Proses Elektrolisis Sel Membran oleh tim Soda Gembira dari MIND ID

 

Kategori Implementasi:

Juara 1: Inovasi Green Technology Pemanfaatan Red Mud (Produk Samping Pemurnian Alumina) Sebagai Sumber Besi (Fe) Dengan Metode Bioflokulasi Selektif oleh tim Ganesha Biometals dari Institut Teknologi Bandung

Juara 2: Pengembangan Alat Electrolysis Management System (EMS) Multi Anoda-Katoda Berbasis Internet of Things Sebagai Upaya Peningkatan Unjuk Kerja Sel Electrorefining di Industri Pemurnian Logam oleh Elektrometalurgi  dari Institut Teknologi Bandung & Institut Teknologi Sains Bandung

Juara 3: Optimize Casting Capacity and Entering Blue Ocean Competition with Product Developme oleh tim Beyond Spiegel dari PT Inalum (Persero) 

Juara Harapan 1: Predictive Maintenance Berbasis Machine Learning Pada Pompa PD-200 oleh Grasberg New Mining dari PT Freeport Indonesia

Juara Harapan 2: Pemanfaatan Limbah Cangkang Kelapa Sawit sebagai Fuel dan Reductant pada Proses Peleburan Timah oleh tim Green Smelting dari PT Timah Tbk Biocoal

Juara Harapan 3: Inovasi Tungku Pengecoran Logam Berbahan Bakar Briket Batubara Menggunakan Metode Heat Loss Management Untuk Menghasilkan Produk Cor Paduan Aluminium Kekuatan Tinggi dari Aluminium Skrap oleh tim  IIPS Universitas Sriwijaya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS