Sukses

Vitamin D Punya Banyak Manfaat Kesehatan, Ini Risikonya Bila Kekurangan

Liputan6.com, Jakarta Vitamin D tidak kalah bermanfaat menjaga tubuh tetap sehat. Selain memperkuat tulang, vitamin D punya khasiat lain yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (13/9/2022), vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk banyak fungsi tubuh termasuk memperkuat tulang, mendukung pertumbuhan dan regulasi sel, mempertahankan dan menyerap kalsium dan fosfor, dan meningkatkan kekebalan.

Vitamin D secara alami ditemukan di beberapa makanan dan ketika dikonsumsi berlebihan, vitamin D disimpan di dalam tubuh daripada dikeluarkan melalui urin seperti banyak vitamin lainnya.

Sayangnya, sebagian besar orang saat ini masih ada saja yang kekurangan vitamin D. Untungnya, selain dari makanan, vitamin D juga bisa berupa suplemen yang bisa langsung diminum.

Terlepas dari itu, sebaiknya tubuh dari tiap individu memenuhi vitamin D demi kesehatan yang stabil. Selain itu, asupan vitamin D pun bisa memberikan manfaat lain selain menjaga kesehatan tulang.

Bagi yang belum tahu, berikut ini enam manfaat vitamin D buat kesehatan.

1. Mendukung kekebalan

Vitamin D menjaga sistem kekebalan dan berfungsi dengan sangat baik. Vitamin ini mengatur baik respon imun bawaan dan adaptif dalam tubuh dengan berinteraksi dengan reseptor vitamin D pada sel-sel kekebalan dan mengatur aktivitas mereka.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko penyakit terkait kekebalan. Jumlah vitamin D yang cukup diperlukan untuk membantu melawan kuman penyebab penyakit seperti virus, bakteri, dan parasit .

2. Membantu meningkatkan suasana hati

Orang dengan Depresi biasanya memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Akan tetapi, beberapa penelitian menjelaskan bahwa kekurangan tidak selalu menyebabkan depresi.

Individu yang berjuang dengan depresi mungkin memiliki nafsu makan yang buruk, kurang perawatan diri dan lebih terisolasi, menempatkan mereka pada risiko kekurangan vitamin D.

Ini karena ketika menghadapi depresi Anda mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang cukup atau paparan sinar matahari (dari isolasi) untuk menjaga vitamin D Anda pada tingkat yang sehat.

Vitamin D telah terbukti meningkatkan produksi hormon serotonin "merasa baik", yang bertanggung jawab untuk pengaturan suasana hati dan mencegah tingkat kecemasan dan depresi yang tinggi. Satu studi kecil menemukan bahwa suplementasi vitamin D pada wanita dengan diabetes tipe 2 meningkatkan suasana hati dan ada penurunan yang signifikan dalam depresi dan kecemasan, tetapi penelitian yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung tetap menjadi penyebab kematian nomor satu. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan yang terbaik demi menjaga kesehatan jantung. Salah satunya seperti otot rangka, otot jantung diatur ketika vitamin D berinteraksi dengan reseptor vitamin D di dalam sel.

Dalam hal tekanan darah, vitamin D mengatur tekanan darah dengan bekerja pada sel endotel dan sel otot polos.

Tidak hanya itu, vitamin ini pun memiliki peran utama dalam membantu memperkuat serat otot, melindungi jantung sebagai hasilnya. Selain itu, vitamin D dapat membantu menjaga arteri tetap fleksibel dan rileks, juga bermanfaat bagi tekanan darah.

Meskipun kekurangan telah dikaitkan dengan berbagai faktor risiko kardiovaskular, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan peran protektif vitamin D pada jantung.

4. Membuat tulang kuat

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Secara khusus, ini meningkatkan penyerapan kalsium di usus kecil dan merangsang diferensiasi osteoklas (sejenis sel tulang yang memecah jaringan tulang) dan reabsorpsi kalsium tulang.

Selain itu, vitamin D mempromosikan mineralisasi matriks kolagen di tulang. Peran vitamin D dalam penyerapan kalsium dan kesehatan tulang juga memperkuat gigi, menurunkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Jadi, sangat penting bagi anak-anak untuk memiliki jumlah vitamin D yang aman demi kesehatan tulang yang optimal selama tahap perkembangan tulang.

Faktanya, anak-anak dengan kadar vitamin D rendah berisiko lebih tinggi terkena kondisi yang disebut rakhitis, yang menyebabkan kelemahan tulang dan kelainan bentuk tulang lainnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Lainnya

5. Memberi energi

Jika terus-menerus lelah, mendapatkan lebih banyak vitamin D mungkin memberi Anda dorongan energi yang Anda butuhkan. Vitamin D berdampak pada fungsi mitokondria, bagian sel yang menghasilkan energi.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa pengobatan vitamin D secara signifikan meningkatkan kelelahan pada orang sehat dengan kekurangan vitamin D. Studi lain menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dapat meningkatkan kelelahan pada penerima transplantasi ginjal.

6. Mendukung hormon seks wanita

Kekurangan vitamin D sangat umum terjadi pada wanita usia reproduksi. Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin D berperan penting dalam membantu mengatur hormon seks wanita dan bahwa kadar vitamin D yang rendah dapat meningkatkan risiko hasil kesehatan ibu dan janin yang merugikan .

Selain itu, tingkat rendah vitamin D terlibat dalam perkembangan gangguan hormon tertentu termasuk sindrom ovarium polikistik (suatu kondisi di mana ada ketidakseimbangan hormon seks).

Jika Anda berjuang dengan gejala PMS, kabar baiknya adalah mendapatkan cukup vitamin D dapat mengurangi gejala, menurut tinjauan sistematis.

Mungkin ada beberapa efek menguntungkan dari suplementasi vitamin D pada kehamilan klinis dan hasil kesuburan, tetapi hasilnya tetap tidak konsisten dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung klaim tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Bentuk Utama Vitamin D

Ada dua bentuk utama vitamin D: D2 (ergocalciferol) dan D3 (cholecalciferol). Tidak banyak perbedaan antara keduanya kecuali bahwa D2 secara alami ditemukan pada tumbuhan dan D3 secara alami ditemukan pada hewan dan diproduksi oleh kulit saat terkena sinar matahari.

Di samping itu, vitamin D juga diklasifikasikan berdasarkan bentuk terukurnya 25-OH-Vit D (dari ginjal) dan bentuk aktifnya kalsitriol (dari hati). Kabar baiknya adalah Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D Anda dengan salah satu bentuk vitamin D, tetapi sebagian besar ahli kesehatan merekomendasikan suplemen vitamin D3 karena lebih efektif dalam meningkatkan kadar vitamin D dibandingkan dengan vitamin D2. Plus, itu bertahan lebih lama di dalam tubuh.

Sumber Makanan Vitamin D Teratas

Berikut adalah makanan kaya vitamin D teratas yang perlu Anda tambahkan demi menjaga kesehatan.

a. Minyak hati ikan cod (34 mcg per porsi 1 sendok makan)

b. Salmon (14,2 mcg per porsi 3 ons)

c. Jamur (9,2 mcg per porsi cangkir)

d. Susu yang diperkaya (2,9 mcg per 1 porsi cangkir) dan alternatif susu (2,5-3,6 mcg per 1 porsi cangkir)

e. Jus jeruk yang diperkaya (2,5mcg per porsi 1 cangkir)

f. Sereal yang diperkaya (2,0 mcg per porsi 1 cangkir)

g. Hati sapi (1,0 mcg per porsi 3 ons)

Suplemen Vitamin D vs Makanan

Ada beberapa makanan yang secara alami mengandung vitamin D, seperti jus jeruk, susu atau sereal. Penyedia layanan kesehatan dapat menyarankan suplemen untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin D harian dan memastikan tingkat kesehatan berada dalam kisaran normal. Kuncinya adalah jangan berlebihan.

Sementara itu, suplemen vitamin D umumnya aman dikonsumsi, tetapi konsumsi berlebihan dapat menyebabkan hiperkalsemia, suatu kondisi di mana kalsium menjadi terlalu tinggi dalam aliran darah, yang menyebabkan masalah gastrointestinal, kelemahan, dan batu ginjal.

Suplementasi vitamin D juga umumnya direkomendasikan untuk orang dengan masalah penyerapan lemak, intoleransi laktosa, alergi susu atau untuk orang dengan kondisi medis tertentu yang mencegah mereka keluar rumah. Saat mengonsumsi suplemen, Anda harus meminumnya bersama makanan untuk meningkatkan penyerapan.

 

5 dari 5 halaman

Tanda-tanda Kekurangan Vitamin D

a. Kelelahan

b. Perubahan suasana hati

c. Nyeri dan kelemahan otot

d. Menurunnya fungsi kekebalan tubuh

e. Peningkatan peradangan

f. Infeksi yang sering terjadi

g. Rakhitis (pada anak-anak)

h. Gangguan tulang

Jika Anda kekurangan vitamin D, yang ditentukan melalui tes darah, pengobatan biasanya melalui suplementasi. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda tentang dosisnya, seberapa sering Anda perlu meminumnya dan berapa lama Anda harus meminumnya.

Yang Berisiko Kekurangan Vitamin D

Melanin adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi sintesis vitamin D melalui paparan sinar matahari pada kulit. Akibatnya, orang kulit berwarna dengan warna kulit lebih gelap berisiko lebih tinggi mengalami kekurangan vitamin D.

Hal itu karena tubuh tidak mampu memproduksi vitamin D dengan baik. Individu yang berisiko lebih tinggi untuk kekurangan termasuk orang tua, orang-orang dengan paparan sinar matahari minimal dan orang-orang yang menghindari produk susu atau ikan berlemak.

Jumlah Vitamin D yang Direkomendasikan

Kebanyakan orang membutuhkan sekitar 600 IU per hari. Akan tetapi, orang yang berusia di atas 70 tahun membutuhkan sedikit lebih banyak, sekitar 800 IU untuk mengurangi risiko gangguan tulang yang umum, seperti osteoporosis, penyakit yang melemahkan tulang. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda hari ini tentang tingkat vitamin D Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS