Sukses

7 Minuman Terbaik Pencegah Dehidrasi

Liputan6.com, Jakarta Cuaca di sebagian wilayah Indonesia mengalami cuaca panas terik dalam beberapa hari terakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa penyebab fenomena cuaca panas atau suhu udara panas terik yang terjadi bukanlah berasal dari gelombang panas.

BMKG menyebut kondisi cuaca panas yang dirasakan dalam sepekan ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Sebagaimana dikutip dari akun instagram BMKG menjelaskan, suhu udara panas disebabkan oleh posisi semu matahari yang berada di wilayah utara ekuator. Sehingga penyebab cuaca panas akhir-akhir ini adalah puncak menjelang musim kemarau.

“Mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau, di mana tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang,” ungkap BMKG di akun resminya di media sosial. Sehingga cuaca cerah saat pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

Mencari minuman terbaik untuk mencegah dehidrasi? Ternyata ada beberapa pilihan untuk mengisi kembali tubuh Anda dengan air dan elektrolit. Seperti yang dirangkum dari Epicurious, Selasa (31/5/2022), ada berbagai minuman untuk membuat Anda tetap terhidrasi.

1. Air

Seperti yang dapat Anda bayangkan, air adalah salah satu minuman terbaik untuk mencegah dehidrasi. Minum air selama olahraga dapat membantu menggantikan air yang hilang dengan berkeringat.

Selain air membuat tubuh Anda terhidrasi, namun air mineral juga dapat meningkatkan konsetrasi dan menjaga kesehatan kulit. Disarankan untuk minum air mineral minimal delapan gelas sehari.

2. Elektrolit Infused Water

Saat Anda mengalami dehidrasi, Anda kekurangan elektrolit yang membantu fungsi ginjal Anda. Minuman seperti infused water yang memiliki kandungan kaya elektrolit dapat menyelamatkan dan menangkal sakit kepala atau masalah terkait dehidrasi ringan lainnya.

3. Pedialyte

Pedialyte adalah formula hidrasi tingkat medis yang mengandung elektrolit utama kalium, natrium, dan klorida yang dirancang untuk mengembalikan keseimbangan gula dan elektrolit tubuh Anda.

4. Gatorade

Kandungan gatorade penuh dengan elektrolit, juga memiliki tinggi gula. Namun, gula, dalam hal ini, tidak semuanya buruk. Sebenarnya gula yang terdapat dalam gatorade membantu tubuh Anda menyerap elektrolit dengan lebih efisien.

Plus, Gatorade memang memiliki pilihan dengan lebih sedikit kalori dan gula yang disebut G2 bagi mereka yang memperhatikan asupan gula mereka.

 

2 dari 2 halaman

Minuman Lainnya

5. Minuman Kaya Elekrolit Buatan Sendiri

Membuat minuman kaya elektrolit buatan sendiri. Bila Anda menggunakan bahan yang tepat dalam minuman Anda, Anda dapat menyiapkan minuman infus elektrolit Anda sendiri. Resep minuman elektrolit lemon jahe yang lezat ini membutuhkan jahe, lemon, air jeruk nipis, agave, garam, dan air mineral.

6. Semangka

Ini bukan minuman, yang bilamana dimaksud meminum jus buah yang mengandung 92% air adalah semangka.

Setiap kali Anda makan buah semangka atau meminumnya, Anda mendapatkan air dan vitamin A, vitamin C, dan elektrolit dalam dosis besar.

7. Air Kelapa

Air Kelapa adalah minuman olahraga versi alami yang membantu menggantikan air yang hilang dengan berkeringat di bawah cuaca panas.

Air kelapa ini mengandung lima elektrolit utama, yaitu kalium, magnesium, kalsium, fosfor, dan natrium. Sehingga memiliki kandungan airnya 95 persen.

Apa yang Harus Dihindari Saat Anda Dehidrasi?

Di ujung lain spektrum Anda akan menemukan minuman yang benar-benar dapat membuat Anda lebih dehidrasi.

Yakni, minuman yang mengandung kafein atau alkohol. Hindari minum kopi, teh, dan soda, tidak peduli seberapa menyegarkan tampilannya.

 

Reporter: Farah Meilinda Putri