Sukses

Wahai Orang Tua, Begini Tips Tingkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Liputan6.com, Jakarta Selain merawat dan menjaga, orang tua juga berperan untuk mendidik anak-anaknya. Salah satunya membantu sang anak konsentrasi saat belajar. Terkadang itu menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang tua, tetapi tetap harus dilakukan.

Meningkatkan dan menjaga konsentrasi anak memang merupakan tugas yang merepotkan. Terlebih bagi orang tua yang memiliki anak cenderung hiperaktif. Jika hal ini terjadi, Anda sebagai orang tua mungkin bisa melakukan 5 tips ini untuk mengatasinya.

Melansir dari Pinkvilla, Rabu (24/11/2021), berikut ini 5 kiat yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua untuk membantu sang anak menjaga dan meningkatkan konsentrasi belajarnya.

1. Ciptakan lingkungan belajar yang baik

Demi menciptakan lingkungan belajar yang baik, Anda sebaiknya juga menyiapkan barang-barang yang menarik untuk sang anak. Misalnya terkait pensil, buku, tempat pensil, meja belajar, dan lainnya.

Selain menarik, terkadang bentuk barang yang terlihat aneh juga akan membuat anak Anda penasaran. Nantinya secara tidak langsung anak Anda pasti akan menghampiri ruang belajar tersebut. Kiat ini menjadi salah satu cara awal untuk menarik perhatiannya terlebih dahulu.

2. Bantu anak merencanakan rutinitas belajar

Perencanaan ini akan membuat mereka belajar dengan tepat waktu. Selain itu, dengan cara ini pun anak dapat mendedikasikan diri untuk melakukan rutinitas belajar yang telah direncanakannya hingga sukses.

Dengan demikian, anak Anda akan terdorong untuk belajar dengan lebih berkonsentrasi sehingga mampu menyelesaikan semua yang Anda tulis di planner mereka.

 

2 dari 2 halaman

3. Tulis perencanaan belajar dalam sebuah buletin menarik

Papan buletin setidaknya akan membantu menarik perhatian anak Anda setiap kali dia lewat. Anda dapat menyematkan perencanaan atau tugas yang diberikan. Mungkin Anda dapat menggantung gambar, poster, kutipan atau tabel waktu mereka dengan cara yang modis. Cara itu pun sebagai bentuk dukungan Anda kepada anak supaya mereka bisa lebih berkonsentrasi lagi dalam belajar.

4. Coba menjadi guru di tengah waktu belajar

Ketika mendukung anak-anak Anda untuk belajar dengan konsentrasi dan fokus tertinggi, Anda dapat menggunakan papan tulis dua sisi untuk membantu menjelaskan pembelajaran. Pada saat itu Anda dapat menuliskan secara visual atau tekstual.

5. Beri fasilitas meja dan kursi belajar yang menarik

Memiliki meja belajar menjadi salah satu cara untuk membuat anak-anak senang ketika belajar. Anda bisa membelikannya meja sekaligus kursi belajar yang menarik perhatiannya.

Misalnya di meja belajar tersebut terdapat tekstur yang unik, penyimpanan, hingga penampilannya yang menarik. Karena semangat, anak Anda pasti bisa belajar tepat waktu. Bahkan mungkin dia bisa menjadi lebih teratur dan bertanggung jawab dengan barang yang anak Anda punya.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati