Sukses

Manfaat Rutin Olahraga Air yang Sangat Baik Bagi Kesehatan

5 manfaat olahraga air bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Bukan tanpa alasan, olahraga air menjadi salah satu olahraga paling populer dan disukai di tanah air. Melakukan olahraga air tidak hanya membuat tubuh tetap kencang dan bugar, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkait dengannya.

Saat melakukan olahraga air, Anda keluar dari gym atau ruangan ber-AC dan menghabiskannya di luar ruangan. Mendapatkan sinar matahari di wajah dan merasakan udara segar itu sendiri akan memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan tambahan dari melakukan olahraga air yang dilansir darfi laman magforwoman.

1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Saat melakukan olahraga air, Anda melatih hampir semua otot di tubuh. Ini meningkatkan metabolisme dan juga meningkatkan nafsu makan yang sehat.

Metabolisme yang meningkat dan nafsu makan yang baik menjauhkan Anda dari makan berlebihan dan juga membuat tetap sehat. Dengan meningkatnya energi, tubuh juga mendapatkan kekebalan yang dapat melindungi Anda dari penyakit kronis.

2. Anugerah bagi penderita radang sendi

Olahraga air, terutama berenang atau snorkeling, meningkatkan penggunaan sendi yang terkena tanpa benar-benar memperburuk gejala atau rasa sakit. Sifat airnya yang cair juga menenangkan dan lembut pada persendian yang pegal.

Hidroterapi adalah pengobatan yang paling disukai untuk pasien yang menderita rheumatoid arthritis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mengurangi kemungkinan penyakit jantung kronis dan diabetes

Bagi orang-orang dengan masalah jantung dan diabetes, hidup bisa menjadi sulit karena mereka membutuhkan banyak olahraga untuk menjaga diabetes tetap terkendali dan juga stres minimal agar jantung tidak terlalu banyak bekerja.

Masalah ini dapat diatasi dengan olahraga air karena air membuat tubuh rileks dan mengapung sebentar saja sudah cukup baik untuk jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Ini bermanfaat untuk melemaskan otot-otot dan orang-orang dapat menghabiskan banyak waktu berolahraga di air daripada di darat.

4. Meningkatkan kepadatan tulang pada orang tua dan wanita pasca-menopause

Alih-alih melatih otot yang lelah di treadmill atau di dalam gym, selalu disarankan bagi orang tua untuk melakukan olahraga air.

Mendayung, mengayuh, dan kano adalah beberapa olahraga air yang dapat dilakukan oleh orang tua dan wanita pasca-menopause untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah patah tulang di masa mendatang.

5. Peningkatan kesehatan mental

Air merilekskan tubuh sepenuhnya dan olahraga apa pun, terutama berenang bisa sangat bagus untuk pikiran dan tubuh Anda. Ini sangat bagus untuk orang yang menderita fibromyalgia karena mengurangi stres dan kecemasan lainnya.

Olahraga air seperti bermain bola atau hanya bermain air juga membantu mengembangkan hubungan orang-orang yang lebih kuat untuk anak-anak yang mengalami hambatan perkembangan.

Olahraga air dapat sangat membantu kesehatan, tetapi seperti halnya olahraga lainnya, Anda harus mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Anda juga perlu mengetahui tingkat energi dan stamina sebelum mulai melakukan latihan keras di dalam air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.