Sukses

Tidak Banyak Yang Tahu, Ini Manfaat Terong buat Kesehatan

Segudang manfaat terong ini harus Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang menggunakan terong untuk diolah dalam berbagai macam masakan. Ini adalah bahan yang memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik.

Berikut beberapa alasan mengapa menambahkan terong ke dalam makanan terbukti sangat membantu, dilansir dari laman magforwoman.

1. Kaya akan Nasunin

Terong sering disebut sebagai makanan otak karena memiliki fitonutrien antosianin yang disebut nasunin di kulitnya. Tidak hanya nasunin, ini antioksidan kuat tetapi juga pemulung radikal bebas.

Ini membantu dalam melindungi membran sel otak dari segala jenis kerusakan. Nasunin juga merupakan chelator besi dan membantu dalam memastikan bahwa Anda tidak memiliki kelebihan zat besi dalam tubuh Anda.

2. Kaya akan senyawa antioksidan fenolik

Terong memiliki senyawa fenolik yang disebut asam klorogenat. Pemulung radikal bebas yang efektif ini memiliki sifat anti kanker, anti mikroba, anti virus, dan anti LDL atau yang biasa disebut anti kolesterol jahat.

3. Membantu mengobati kanker

Berkat jumlah serat yang tinggi dalam terong, ditemukan bahwa terong ternyata sangat membantu dalam mengobati kanker usus besar. Ini membantu menyerap bahan kimia dan racun yang sering dapat menyebabkan risiko terkena kanker usus besar.

Ini sangat bagus jika Anda juga mengonsumsi kulit terong karena kulitnya mungkin memiliki lebih banyak serat daripada terong itu sendiri. Serat ini juga terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Meningkatkan warna kulit

Kandungan air yang tinggi membuat terong dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Ini juga membantu menjaga kuku agar tidak mudah rapuh.

Untuk hasil terbaik, Anda harus mencoba memakan terong mentah karena memasaknya dapat menyebabkan hilangnya kadar air.

5. Dapat membantu dalam berhenti merokok

Telah ditemukan bahwa terong memiliki sejumlah kecil nikotin. Jadi, jika Anda mencoba untuk berhenti merokok maka dapat menambahkan terong ke dalam makanan dan itu dapat membantu mengekang keinginan untuk merokok.

Ini adalah cara yang bagus dan alami untuk berhenti merokok.

6. Baik untuk jantung

Terong membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga menjaga kolesterol pada tingkat yang sehat, ini terbukti sangat bermanfaat bagi jantung jika memasukkannya ke dalam makanan Anda.

Selain itu, ini juga akan membantu dalam mengendurkan pembuluh darah di jantung. Berkat fitonutrien yang ada dalam terong, Anda berisiko lebih rendah mengalami serangan jantung, penyakit jantung, atau stroke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.