Sukses

9 Tips Praktis Atasi Aroma Tidak Sedap pada Kaki

Beberapa kebiasaan praktis ini dapat membantu Anda mengatasi masalah bau kaki dengan sangat mudah dan efektif.

Liputan6.com, Jakarta Berapa kali orang di sekitar Anda harus berpaling setiap kali Anda melepas sepatu atau kaus kaki? Kaki yang memiliki bau tidak sedap tentu membuat siapapun merasa tidak nyaman untuk berada di dekat Anda.

Mengutip MagForWomen, Kamis (27/05/2021), berikut 9 tips praktis yang bisa Anda lakukan untuk menghindari masalah tersebut.

1. Gosok kaki Anda

Menggosok kaki dengan sabun dan air saat mandi mungkin merupakan hal yang Anda lakukan setiap hari. Tetapi, ini bukan solusi untuk bakteri yang menggerogoti sel kulit mati di kaki dan menyebabkan bau tidak sedap. 

Jadi, gunakan media abrasif seperti sikat atau waslap dan scrub kaki. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jari kaki untuk manfaat scrub yang lebih lengkap dan optimal.

2. Keringkan kaki

Kelembaban atau basah apa pun di kaki dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dan bau tak sedap. Pastikan kaki Anda kering setiap kali Anda menginjak daerah yang lembab atau baru saja mencuci kaki.

Kaki yang basah dan tidak dikeringkan dengan baik juga bisa menyebabkan gatal-gatal dan infeksi jamur lainnya selain masalah bau kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Ganti kaus kaki Anda

Mengenakan kaus kaki setiap hari selama berjam-jam adalah penyebab utama dari jari kaki yang bau. Ini karena kaki tidak memiliki waktu yang cukup untuk bernapas lega. 

Jika rutinitas atau pekerjaan Anda menuntut harus memakai kaus kaki. Pastikan Anda mengubahnya setiap hari. 

Belilah beberapa pasang kaus kaki agar Anda tidak pernah kehabisan apalagi ketika kondisi darurat dimana Anda lupa belum mencuci kaus kaki yang digunakan di hari sebelumnya.

4. Kulit adalah yang terbaik

Jika Anda akan memakai sepatu, pastikan Anda memakai sepatu kulit berkualitas baik agar kaki bisa bernafas. Sepatu yang berbahan plastik tidak memiliki ruang lingkup untuk ini dan karenanya lebih baik dihindari atau dibatasi.

5. Tidak menggunakan alas kaki

Bertelanjang kaki saat Anda berada di rumah adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kaki Anda dari serangan bau tidak sedap. 

Jika Anda tidak bisa berjalan dengan kaki telanjang, beralihlah ke sandal jari kaki terbuka atau yang terbaik tidak ada sama sekali.

6. Cobalah antiperspirant

Deodoran semprot atau antiperspirant yang Anda gunakan untuk ketiak Anda juga bisa bekerja dengan baik di kaki Anda. Gunakan setelah Anda selesai mandi. Biarkan mengering sebelum Anda memakai kaus kaki atau sepatu.

3 dari 3 halaman

7. Rendam kaki

Jika Anda masih harus menghadapi bau kaki maka berikut ini adalah panduan sederhana untuk merendam kaki untuk mengatasi masalah ini secara efektif. 

Larutkan setengah cangkir garam epsom dalam 8 cangkir air hangat dan biarkan kaki Anda berendam di dalamnya selama 30 menit setidaknya sekali sehari. 

Teknik berendam ini pasti bisa membantu Anda menghilangkan bau kaki. Selain menetralkan bau, rendaman ini juga bagus untuk kaki yang sakit.

8. Pastikan sepatu bersih

Sepatumu menjadi media yang terkena bahaya paling besar dari masalah bau kaki. Mereka digunakan dan disalahgunakan setiap hari dan karenanya mereka membutuhkan perawatan untuk menjaganya tetap bersih dan berbau segar. 

Sebab, sepatu yang tidak bersih juga bisa menyebabkan bau kaki. Setiap malam, jemur sepatu Anda karena ada keringat dan kelembapan yang dapat menyebabkan bakteri berkembang biak. 

Cuci sepatu Anda dan biarkan hingga benar-benar kering dan pastikan Anda melakukan ini secara berkala untuk sepatu yang lebih segar dan lebih bersih.

9. Pati jagung atau bedak talk

Setelah Anda keluar dari kamar mandi dan menyeka kaki Anda hingga kering, oleskan pati jagung atau bedak. Sebagian besar keduanya memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dan menjaga kaki tetap kering selama berjam-jam.

Beberapa kebiasaan penting diatas dapat membantu Anda mengatasi masalah bau kaki dengan sangat mudah dan efektif. Selamat mencoba!

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini