Sukses

4 Bahan Alami untuk Redakan Sakit Gigi di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Sakit gigi bisa membuat Anda tersiksa. Karena selain mengganggu tidur Anda, juga mengganggu nafsu makan Anda, serta ketidaknyamanan lainnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui akar penyebab sakit gigi Anda, yang hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi.

Namun dengan kondisi pandemi seperti saat ini, sebaiknya Anda melakukan tips berikut sebelum membuat janji dengan dokter gigi.

Jangan lupa untuk tetap mengkonsultasikan kondisi Anda dengan dokter di telepon sebelum mencoba pengobatan herbal apapun, terlebih jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi lain yang dapat terpengaruh oleh obat herbal.

Berikut ini merupakan beberapa resep pengobatan rumahan yang bisa membantu Anda meredakan rasa sakitnya, dilansir dari TimesofIndia.

1. Cengkeh

Senyawa kimia utama dalam cengkeh, eugenol adalah obat bius ringan. Ini membantu mematikan saraf di gigi dan memberi Anda kelegaan dari rasa sakit.

Anda bisa menggunakan minyak cengkih utuh, cengkih bubuk atau minyak cengkih untuk meredakan sakit gigi. Cukup letakkan cengkih pada gigi dan kunyah sebentar untuk mengeluarkan minyaknya, atau gosokkan minyak cengkih pada gigi untuk meredakan nyeri.

Seseorang harus sangat berhati-hati saat menggunakan minyak cengkih pekat. Menerapkannya langsung di daerah yang terinfeksi terkadang bahkan dapat memperburuk rasa sakit. Ambil bola kapas dan taruh 2-3 tetes minyak dan letakkan di antara gigi.

2. Air garam

Bagi banyak orang, air garam adalah perawatan pertama yang selalu berhasil. Air garam berfungsi sebagai disinfektan alami dan membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi Anda. Ini juga membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

 

2 dari 3 halaman

3. Es batu

Es batu yang dibungkus dengan kain tipis membantu mematikan saraf dan meredakan nyeri. Kompres es sangat membantu saat sakit gigi disertai pembengkakan. Es mengurangi pembengkakan dan memberikan efek pendinginan.

Bahkan setelah pencabutan gigi, disarankan untuk mengonsumsi makanan dingin untuk mendinginkan ujung saraf dan mengurangi rasa sakit.

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki khasiat antibiotik dan memberikan kelegaan bahkan dari sakit gigi yang paling parah. Hancurkan bawang putih dan campur dengan garam meja dan lada hitam. Oleskan campuran ini langsung ke area yang terinfeksi.

Anda juga bisa mengunyah bawang putih untuk mengeluarkan minyaknya. Bawang putih harus dihancurkan dan tidak dipotong karena jika dipotong akan mengeluarkan semua minyaknya.

Jika rasa sakit terus berlanjut selama lebih dari satu hari, pastikan untuk mengunjungi dokter.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: