Sukses

Jepara Hampir Terisolir Akibat Banjir

Untuk bisa mengakses Kota Jepara, warga sebelumnya hanya bisa melalui jalur Pati-Tayu-Jepara.

Banjir besar yang melanda beberapa kawasan di Jawa Tengah sejak beberapa hari lalu menyebabkan jalur Jepara-Semarang melalui Welahan lumpuh. Untuk bisa mengakses Kota Jepara, warga sebelumnya hanya bisa melalui jalur Pati-Tayu-Jepara.

Namun sejak dini hari tadi, jalur utara Jepara-Pati itu juga terputus. Diduga ada penurunan tanah hingga menyebabkan ruas jalan di Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara itu ambles sekitar sepanjang 50 meter dengan ketinggian air mencapai 1 meter. Jepara hampir terisolir.

"Penyebabnya apa, saya tidak berani memastikan. Yang pasti, wilayah Kembang diguyur hujan dari pagi sampai malam tanpa henti," kata Sekretaris Kecamatan Kembang, Sutarno di Jepara, Jawa Tengah, Jumat (24/1/2014).

Untuk akses keluar-masuk Jepara, warga kini terpaksa menggunakan jalur Jepara-Semarang via Welahan yang sebelumnya terputus. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Lulus Suprayitno memastikan, banjir setinggi 70-80 cm di jalur itu masih bisa dipaksakan untuk dilewati.

"Tapi ekstra waspada dan hati-hati, terutama pengendara sepeda motor karena arus banjir yang meluap ke jalan masih cukup deras," ucap Lulus. (Ndy/Sss)

Baca juga:
Jalan Abdullah Syafei Tebet Lumpuh, Jalur Alternatif pun Macet
Korban Banjir di Bidaracina Juga Mulai Mengemis
Tol Cipularang Ambles, Truk dan Bus Besar Dialihkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini