Sukses

Survei: Rhoma Capres Populer, Peserta Konvensi Demokrat Terbawah

Meski masih banyak yang memandangnya sebelah mata, namun Raja Dangdut Rhoma Irama kembali membuktikan ambisinya untuk menjadi capres bukanlah main-main. Buktinya, nama Rhoma sukses menjadi capres paling populer dalam Pemilu 2014 versi survei Pusat Data Bersatu (PDB).

Sebagai yang terpopuler, Rhoma bahkan berhasil mengalahkan Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan 22 tokoh lainnya. Peneliti PDB Agus Herta mengatakan, sejak dicalonkan menjadi capres dari PKB, popularitas Rhoma Irama makin melejit. Namun bukan berarti popularitasnya akan membantu dalam pemilu nanti.

"Nama-nama capres yang sudah memiliki tingkat popularitas tinggi tidak menjamin elektabilitasnya sebagai capres. Jadi belum tentu. Popularitas tidak berbanding lurus dengan elektabilitas. Bisa iya, bisa tidak," kata Agus dalam rilis survei PDB di Grand Sahid Hotel di Jakarta, Jumat (17/1/2014).

Sementara itu menyusul posisi Rhoma berturut-turut, yakni Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Gubernur DKI Jakarta Jokowi, Wakil Presiden RI ke-10 Jusuf Kalla atau JK, dan Ketum Partai Hanura Wiranto. Kemudian Ketum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PAN Hatta Radjasa, Menteri BUMN Dahlan Iskan dan 15 tokoh lainnya.

Sedangkan beberapa peserta konvensi capres Partai Demokrat tampak berada di posisi terbawah. Di antaranya, yakni  Endriartono Sutarto yang berada di posisi 22, Ali Masykur Musa posisi 21, Dino Patti Djalal posisi 19, Hayono Isman posisi 18, Anis Baswedan posisi 17, dan adik ipar Presiden SBY Pramono Edhie Wibowo 16, dan Gita Wirjawan di posisi 15.

Survei itu dilakukan PDB sejak tanggal 4-8 Januari 2014 dari sebanyak 1.200 responden di 11 kota di Indonesia. Mereka dikumpulkan suaranya lewat telepolling (polling melalui telepon).

Para responden yang dipilih dinilai mengerti tentang isu-isu politik yang berkembang selama ini. Survei dilakukan dengan margin error kurang lebih 2,8 persen. (Ndy/Mut)

Baca juga:
Rhoma Irama: Mahfud MD Teman Saya, Bukan Pesaing
Wasekjen PKB: Mahfud MD Lebih Berbobot dari Rhoma Irama
Rhoma Irama: Subhanallah, Makin Banyak yang Ingin Saya Presiden