Sukses

Banjir Casablanca Tebet Surut, 1 Peleton Brimob Bersih-bersih

Luapan air Kali Ciliwung sempat memutuskan Jalan Raya KH Abdullah Syafei di depan kompleks elite Perumahan Gudang Peluru, Tebet menuju arah Casablanca. Jalanan tidak bisa dilewati kendaraan umum karena ketinggian air mencapai 1 meter. Jalan yang menghubungkan Tebet-Kampung Melayu itu kini sudah surut pukul 04.00 WIB. Jalan sudah kembali bisa dilalui kendaraan.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Selasa (14/1/2014), sekitar 30 anggota Brimob dari Mabes Polri diterjunkan untuk membantu petugas kebersihan dari Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan, membersihkan sampah dan lumpur sisa-sisa banjir.

Meskipun seragam kotor terkena sampah dan lumpur, pasukan Brimob tetap semangat mengais dan memungut dengan tangan sampah yang berserakan.

"Dari Brimob Mabes Polri kita diturunkan 1 peleton. Dari jam 8 kita bersih-bersih. Kotor ya, nggak apa-apa kan membantu masyarakat," kata seorang anggota di lokasi Briptu Hartono. Sebanyak 1 peleton atau yang terdiri dari 20-40 personel itu langsung terjun membantu warga.

Hartono menyebutkan, keikutsertaan Polri dalam aksi sosial ini diharapkan bisa mengubah pandangan masyarakat dalam memandang institusinya. Dia mengakui, sebagian masyarakat memandang Polri negatif. "Ya ini salah satu bentuk kita menyatu dengan masyarakat, ini inisiatif Polri. Jadi nggak betul kalau polisi itu galak dan apalah," ucap Hartono.

Keterlibatan anggota Brimob dirasa sangat membantu oleh petugas kebersihan di lokasi. "Wah sangat membantu ya, kami jadi lebih ringan," kata salah seorang petugas kebersihan, Edo (55).

Meskipun sudah dibersihkan dan sudan bisa kembali dilalui, Hartono dan Edo mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam berkendara jika ingin melewati jalur tersbut. "Tetap dong berhati-hati yang lewat sini, ini masih agak-agak licin," ujar keduanya bersamaan. (Mvi/Ism)

Baca juga:

Banjir Surut, Warga Kampung Pulo Berbenah
Peringati Maulid di Monas, SBY Doakan Korban Banjir Jakarta
Banjir 2 Malam, Gudang Peluru Tebet Kembali Normal