Sukses

Amankan Natal, Anjing Pelacak Pun Disiagakan

Menjelang perayaan Natal, jajaran kepolisian, khususnya tim Gegana dikerahkan untuk mengantisipasi teror bom yang belakangan disebut-sebut mengancam pada puncak perayaan Natal. Tak hanya itu, kepolisian juga mengerahkan sejumlah anjing pelacak. Seperti terlihat pengamanan sejumlah gereja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selama sterilisasi di sejumlah gereja di Kota Yogya, ada seekor anjing di tim Gegana, Yosi namanya. Anjing jenis Labrador Redtriver ini bertugas mencari bahan peledak yang ada di area gereja. Anjing betina ini tergabung dalam satuan K-9 unit polisi satwa Polda DIY. Yosi, terlihat sigap dan piawai menyisir ke beberapa titik di gereja.

Asisten pelatih Yosi, Briptu Nengah Hastana menjelaskan, Anjing yang berumur sekitar 6 tahun tersebut telah beberapa tahun terakhir ini menjadi anjing pelacak dan diterjunkan untuk melakukan pengamanan sejumlah lokasi bersama tim Gegana Polda DIY.

"Setiap hari anjing ini kita berikan makanan kusus anjing dengan kadar protein mencapai 30%. Jumlahnya sekitar 700 gram per hari," kata Nengah di sela-sela proses sterilisasi gereja, Yogyakarta, Selasa (24/12/2013).

Selain Yosi, lanjut Nengah, satuan K-9 unit polisi satwa Polda DIY juga masih memiliki anjing lain yang turut dikerahkan untuk mensterilisasi gereja dalam perayaan Natal tahun ini. Salah satunya Ekson. Seekor anjing jenis Belgian Melanois yang berumur 3 tahun.

Pada kesempatan sama, Kasubden Jibom Detasemen Gegana Polda DIY Ajun Komisaris Polisi Suripto mengatakan, tahun ini sterilisasi gereja menggunakan anjing pelacak. Karena sangat membantu tim Gegana menemukan adanya bahan peledak di sudut tertentu.

"Tahun ini memang kita menggunakan anjing, karena selain menggunakan alat, kita juga menggunakan anjing. Karena sangat membantu tim menyisir lokasi," tandas Suripto. (Rmn/Ein)

Baca juga:
Aparat Siaga 24 Jam Amankan Gereja Katolik Rawamangun
Amankan Natal, 2.000 Personel Satpol PP DKI Dikerahkan
Amankan Natal di Gereja Immanuel, 1.000 Polisi `Pasang Badan`