Sukses

Pengerukan 13 Sungai Jakarta Dimulai dari Cengkareng dan Sunter

Proyek JEDI atau pengerukan 13 sungai di Jakarta ini akan dimulai 2 sungai di 2 kawasan yakni Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Kementerian Pekerjaan Umum akan memulai proyek Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) atau pengerukan sungai di 2 wilayah yakni di Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Pengerukan yang seluruhnya akan dilakukan di 13 sungai besar di Jakarta itu sebagai bantuan untuk Pemprov DKI menangani masalah banjir Ibukota.

"Pengerukan akan dimulai dari kawasan Cengkareng dan Sunter," kata Kepala Balai Besar Wilayah Ciliwung-Cisadane, Imam Santoso di Cengkareng Drain, Jakarta Barat, Kamis (21/11/2013).

Imam menjelaskan, pengerukan Kanal Banjir Barat (KBB) di wilayah Cengkareng Drain ditargetkan akan menambah debit air yang melewati daerah itu sebanyak 200 meter kubik per detik. Awalnya di Cengkareng Drain ini hanya bisa menambung air 300 meter kubik per detik. "Nanti setelah dikeruk jadi 500 meter kubik per detik," tambah Imam.

Sebenarnya proyek JEDI, jelas Imam, terbagi menjadi 16 titik dan 7 paket. 8 titik dikerjakan Kementrian Pekerjaan Umum, 4 titik dikerjakan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan 4 titik lain dikerjakan Cipta Karya. Kemudian 8 titik sisanya dikerjakan Pemprov DKI.

"Ini pengerjaannya akan dilakukan selama 2 tahun. Tapi akan percepat jadi 1,5 tahun. Kalau DKI ingin lebih cepat. Mereka ingin 1 tahun selesai," jelas Imam.

Terkait lumpur yang dikeruk dari sungai-sungai tersebut, kata Imam, nantinya ditiriskan kemudian dibuang ke kawasan Ancol menggunakan truk kedap air. Sedangkan sampahnya dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantargebang.

Secara rinci, 7 paket JEDI tersebut yakni paket I yang dikerjakan Dinas PU DKI, meliputi pengerukan dan pemasangan sheet pile di Ciliwung, Gunung Sahari Drain, Waduk Melati (Saluran Gresik dan Upper Cideng Drain). Paket II dikerjakan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, meliputi pengerukan dan pemasangan sheet pile Cengkareng Floodway dan Lower Sunter Floodway.

Paket III, dikerjakan Cipta Karya, meliputi pengerukan dan pemasangan sheet pile Cideng Thamrin Drain (sub marco drain on 5 roads). Paket IV dikerjakan Dinas PU DKI, meliputi pengerukan dan pemasangan sheet pile Sentiong Sunter Drain, Waduk Sunter Utara, Waduk Sunter Selatan, Waduk Sunter Timur III.

Kemudian, paket V dikerjakan Cipta Karya, meliputi pengerukan dan pemasangan sheet pile Tanjungan Drain dan Lower Angke Drain. Paket VI dikerjakan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, meliputi pengerukan dan pemasangan sheet pile Banjir Kanal Barat dan Upper Sunter Floodway.

Dan yang terakhir, paket VII dikerjakan Dinas PU DKI, meliputi pengerukan dan pemasangan sheet pile Grogol Sekretaris Drain, Jelakeng-Pakin-Kalibesar, dan Krukut Cideng Drain (Krukut Lama Drain). (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini