Sukses

[VIDEO] Tolak Hermes Palace, Massa FUI dan Polisi Bentrok

Massa dari FUI Sumut terlibat bentrok dengan polisi saat memprotes pembangunan Hermes Palace di Medan Polonia, Kota Medan.

Protes atas pembangunan gedung Hermes Palace di Medan, Sumatera Utara, berbuntut panjang. Massa dari Forum Umat Islam terlibat kerusuhan dengan aparat kepolisian di areal Masjid Attaqwa, Medan Polonia, Kota Medan.

Kerusuhan pecah setelah pihak kepolisian tidak memberikan tanggapan saat ditagih janji tentang kerusakan yang ditimbulkan gedung berlantai 4 itu. Polisi yang membalas dengan tembakan gas air mata mengakibatkan situasi kian memanas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, kerusuhan ini merupakan buah dari janji Pemerintah Kota Medan untuk memediasi permasalahan antara manajemen Hermes dengan Forum Umat Islam atas pendirian gedung di samping yayasan pendidikan ini.

Sebelumnya unjuk rasa penolakan atas bangunan yang tidak mengantongi dokumen izin mendirikan bangunan (IMB) ini digelar 3 kali berturut-turut. Namun tidak menghasilkan kesepakatan karena pihak menajemen tidak dihadirkan.

Sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam Forum Umat Islam Sumatera Utara menganggap ketidaktegasan pemerintah maupun polisi menjadi akar permasalahannya. Selain berdiri tanpa IMB, gedung parkir yang berada tepat di samping masjid juga sempat rubuh dan merusak bangunan masjid.

Hingga saat ini massa FUI masih bertahan di Masjid Attaqwa dan menolak mediasi yang dilakukan polisi. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini