Sukses

Usai Jamu DPRD Makan Siang, Ahok Yakin APBD DKI Tak Molor

Seperti Jokowi, Ahok kembali membantah jamuan makan siang tadi adalah cara elegan untuk melobi anggaran kepada DPRD.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yakin, pengajuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI untuk 2014 mendatang akan cepat disetujui oleh anggota Dewan. Keyakinan ini terbit dan diungkapkan saat jamuan makan bersama DPRD DKI yang digelar siang tadi di kediaman Gubernur Jokowi.

"Kalau saya lihat sih kawan-kawan pasti akan kasih kita cepat. Kenapa? Karena mereka juga sadar kalau lambat seperti tahun kemarin, semua mundur," ucap pria yang karib disapa Ahok itu di Jakarta, Jumat (8/11/2013).

"Kalau mundur, berantakan. April juga pemilu kan. Kalau pemilu, berantakan dong."

Mantan Bupati Belitung Timur itu menyatakan, draft APBD DKI 2014 sudah diajukan Pemprov DKI kepada DPRD November ini. Kini Jokowi-Ahok dan jajarannya hanya tinggal menunggu pembahasannya. Diharapkan, Desember nanti dewan telah mengetok palunya. Setelah disahkan, APBD DKI selanjutnya akan dibawa ke Kementerian Dalam Negeri untuk disetujui.

"Kita sudah kasih. Cepet kok ini pasti. Ini tinggal pembahasan," ujarnya.

Seperti Jokowi, Ahok kembali membantah jamuan makan siang tadi adalah cara elegan untuk melobi anggaran kepada DPRD. Acara itu hanyalah silaturahmi biasa untuk menjalin komunikasi antara eksekutif dan legislatif.

"Ngobrol saja. Biar akrab. Ini bukan lobi politik. Hobi makan saja. Ini cuma bagaimana cara ngeliat kan.  Kalau lihat muka teman-teman DPRD kayaknya sudah oke-oke nih," tuturnya sambil tersenyum.

Sebelumnya, APBD dengan tahun anggaran 2013 sempat terhambat sekitar 2-3 bulan. Anggaran yang seharusnya disahkan pada akhir 2012, malah baru ketok palu di Bulan Februari. Sementara anggaran baru cair di Bulan April. Hal tersebut terjadi karena masih kurangnya komunikasi antar Pemprov DKI dengan DPRD DKI. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini