Sukses

Hamdan Zoelva Jadi Ketua MK, Yusril: Dia Sangat Jujur

Menurut Ketua Majelis Syuro Yusril Ihza Mahendra, terpilihnya Hamdan sebagai Ketua MK membawa angin segar bagi keadilan di Indonesia.

Mahkamah Konstitusi (MK) kini memiliki ketua baru. Dalam pemilihan yang dilaksanakan di Gedung MK, Hamdan Zoelva terpilih sebagai ketua MK periode 2003-2006. Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) itu unggul dengan mengantongi 5 suara.

Menurut Ketua Majelis Syuro PBB Yusril Ihza Mahendra, terpilihnya Hamdan sebagai Ketua MK membawa angin segar bagi keadilan di Indonesia. Hamdan dinilai sosok yang memiliki kemampuan dan cerdas.

"Insya Allah Hamdan akan memimpin MK dengan cara yang terbaik. Dia sangat jujur. Saya mengenalnya sejak dia mahasiswa," kata Yusril saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Jumat (1/11/2013).

Yusril yakin, dalam memimpin MK, Hamdan akan bersikap obyektif dan tidak memihak kepada siapapun kecuali pada hukum dan keadilan. "PBB punya beberapa kader yang jadi hakim baik di MA maupun di MK. Dan semuanya bekerja dengan baik tanpa cela sampai akhir jabatannya," ucapnya.

"Di mana pun, PBB menyediakan kader yang terbaik untuk jabatan apapun. Mereka tidak pernah korupsi, makan suap, dan perbuatan tercela lainnya," tukas Yusril.

Hamdan Zoelva yang saat ini menjabat Wakil Ketua MK kini terpilih menjadi Ketua MK dalam pemilihan yang dilakukan oleh para hakim konstitusi. Dari 8 suara hakim yang ada, Hamdan meraih suara terbanyak di putaran kedua dengan meraih 5 suara. Sementara Arief Hidayat mendapat 3 suara.

Posisi Ketua MK kosong setelah Akil Mochtar tertangkap KPK lantaran diduga menerima suap terkait sengketa 2 pilkada. Akil pun kini menjadi terdakwa dan ditahan di rutan KPK. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini