Sukses

Desa Dapat Rp 1 Miliar, Prabowo: Orang Kota Rentan Korupsi

Ketua Dewan Pembina Partai Gerinda Prabowo Subianto berjanji memberikan anggaran Rp 1 miliar untuk setiap desa jika menang Pemilu 2014. Ia pun optimis uang untuk memajukan pembangunan dan mempercepat perekonomian di desa itu tidak akan disalahgunakan. Lantaran orang desa jarang korupsi ketimbang orang kota.

"Orang desa jarang korupsi, yang banyak korupsi orang kota," kata Prabowo usai mendeklarasikan Komitmen Gerindra untuk Pembangunan Desa di Kantor DPP Greindra di Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10/2013).

Mantan Danjen Kopassus ini menjelaskan, orang yang memiliki kemampuan dan daya intelektual semakin tinggi justru semakin terbuka memiliki peluang untuk korupsi. Hal itu diketahuinya semasa menjalankan tugas sebagai prajurit TNI di desa.

"Yang saya rasakan di Indonesia semakin pintar semakin kemungkinan korupsi, rakyat paling miskin paling jujur," tutur Prabowo.

Karena itu, menurut Prabowo yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukutan Tani Indonesia (HKTI) ini, komitmen anggaran Rp 1 miliar untuk setiap desa diberikan lantaran APBN saat ini tidak jelas peruntukannya.

"Intinya kita sudah menyampaikan komitmen kita, apabila diberi mandat, kita akan alokasikan Rp 1 miliar tiap desa. Dana dari APBN yang sekarang tidak jelas peruntukannya. Banyak dana APBN yang tidak sampai ke desa," tukas Prabowo. (Adi/Sss)