Sukses

Jalan MH Thamrin Hingga Monas Mulai Ditutup

Dinas Perhubungan DKI berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan penutupan sejumlah ruas jalan di kawasan tersebut.

Jakarta Night Religious Festival digelar malam ini di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Silang Monas mulai pukul 19.00 WIB. Untuk itu, Dinas Perhubungan DKI berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan penutupan sejumlah ruas jalan di kawasan tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Senin petang (14/10/2013), Jalan Medan Merdeka Selatan depan kantor Gubernur DKI Jakarta menuju arah Patung Kuda, saat ini sudah tidak dapat diakses dengan kendaraan lagi.

Beberapa petugas nampak meletakkan satu per satu traffic cone berwarna oranye di ujung jalan di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat. Begitu juga di beberapa putaran balik atau U-turn, sehingga kendaraan dari arah Jalan Budi Kemuliaan tidak dapat lagi mengakses jalan tersebut.

"Ini ditutup serempak. Traffic cone kita letakkan untuk tutup jalan," ujar salah seorang petugas Dishub Jakarta Pusat, Jamal, yang sedang mengatur lalu lintas.

Namun, arus kendaraan di Jalan Medan Merdeka Selatan yang dari arah Medan Merdeka Barat atau Jalan Budi Kemuliaan ke arah Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur, dan Tugu Tani tidak ditutup.

"Itu tidak ditutup karena buangan arus kendaraan dari Merdeka Barat. Pokoknya yang ditutup itu semua akses jalan yang mengarah ke MH. Thamrin dan Monas," ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono mengimbau pengguna jalan yang berkendara untuk melewati jalur alternatif, yaitu kendaraan dari arah selatan agar melalui Jalan Galunggung atau Jalan Karet Pasar Baru Timur. Sedangkan, dari arah utara agar melalui Jalan Ir. H. Juanda atau Jalan Abdul Muis.

Selain itu, tersedia parkir kendaraan pada kantong-kantong parkir yang antara lain, lapangan parkir IRTI Monas dan lapangan parkir Istiqlal. Juga pada lokasi parkir-parkir off street di gedung dan mall yang ada di sepanjang lokasi Jakarta Night Religious Festival 2013.

Berikut lokasi pengalihan arus:

- Jalur pengalihan dari selatan arah ke utara:

1. Jl. Jend Sudirman - Jl. Karet - Jl. Mas Mansyur - Jl. Cideng Barat /Timur - Jl. Abdul Muis - Jl. Majapahit - Harmoni dan seterusnya.
2. Jl. Jend. Sudirman - Jl. Tanjung Karang - Jl. Kendal - Jl. HOS. Cokro Aminoto - Jl. Kendal - Jl. Wahid Hasyim - Jl. Menteng Raya - Jl. Ridwan Rais - Jl. Merdeka Timur - Jl. Merdeka Utara - Jl. Majapahit - Harmoni dan seterusnya.

- Jalur pengalihan dari utara arah ke selatan:

1. Jl. Hayam Wuruk - Jl. Juanda - Jl. Veteran 3 - Jl. Merdeka Utara - Jl. Abdul Muis - Jl. Mas Mansur -Jl. Karet Pasar Baru Timur - Jl. Galunggung - Dukuh Atas - Jl. Jend. Sudirman dan seterusnya.

2. Jl. Hayam Wuruk - Jl. Juanda - Jl. Pos - Jl. Lapangan Banteng Barat - Jl. Pejambon - Jl. Medan Merdeka Timur - Jl. Ridwan Rais - Tugu Tani - Menteng Raya - Jl. Cut Mutia - Jl. Sam Ratulangi - Jl. HOS Cokroaminoto - Jl. Galunggung - Dukuh Atas - Jl. Jend Sudirman dan seterusnya.

Pengalihan ini akan dilaksanakan pada Senin (14/10/2013), dari pukul 18.30 sampai 23.00 WIB. Sedangkan penutupan Jalan Jl. Majapahit sampai Dukuh Atas akan dimulai sejak pukul 16.00 sampai pukul 24.00 WIB.

Jakarta Night Religious Festival 2013 akan dimeriahkan dengan aksi Parade 1000 Beduk bersama Gubernur Provinsi DKI Jakarta Joko Widodo. Di panggung utama di Silang Monas, akan hadir Opick, Sulis, Cici Paramida, Debu, Kyai Kanjeng Orchestra, dan beberapa artis lain.  (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.