Sukses

Jokowi: Kampung Rambutan Itu di Jakarta Selatan, Ups Salah...

Jokowi mengaku sudah hafal banyak nama jalan di Jakarta. Namun salah saat menyebut wilayah Kampung Rambutan.

Jokowi sudah hampir setahun memimpin Ibukota. Gubernur DKI bernama lengkap Joko Widodo ini pun mengaku sudah hafal banyak nama jalan di Jakarta. Sebab, selama ini Jokowi kerap terjun ke lapangan, menghabiskan waktu dengan 'blusukan' daripada berdiam di kantor.

"Kalau jalan ya sudah (hafal), lah wong tiap hari jalan ke kampung-kampung, ya hafal dong," ujar Jokowi di rumah dinasnya di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Jakarta Pusat, Senin, (14/10/2013).

Namun, Jokowi keliru menjawab di mana letak Kampung Rambutan saat ditanya waratawan. Mantan Walikota Solo ini menjawab letak Kampung Rambutan berada di Jakarta Selatan, padahal wilayah itu masuk ke Jakarta Timur.

"Kampung Rambutan itu yang dekat ada terminal Kampung Rambutannya, itu di Jakarta Selatan," ucap Jokowi dengan percaya dirinya.

Tidak lama setelah menyebut Kampung Rambutan berada di Jakarta Selatan, Jokowi lalu meralatnya. "Eh, itu Jakarta Timur ya? Ya kalau nggak di Timur ya Selatan. Nggak hafal-hafal, mosok gitu aja diingetin," tutur Jokowi sambil tertawa.

Walau sempat salah menyebut posisi Kampung Rambutan, Jokowi kemudian membuktikan ucapannya dengan menyebut sejumlah nama jalan di Jakarta. Ia pun menyebut nama-nama jalan yang telah ia hafal dan ketahui.

"Jalan Thamrin, Jalan Sudirman, Gatot Subroto ya hafal. Medan Merdeka Utara, Merdeka Selatan, Timur, dan Barat, Perintis Kemerdekaan, Klender, itu hafal," ucap Jokowi.

Namun, di antara nama-nama jalan tersebut, Politisi PDIP ini mengaku yang paling ia hafal adalah Jalan Raya Bekasi Barat di kawasan Klender, Jakarta Timur. Mengapa? Sebab, ia mengaku ketika masih muda pernah lama tinggal di kawasan tersebut.

"Yang paling saya hafal itu Klender, Jalan Raya Bekasi Barat, Jakarta Timur. Soalnya dulu saya pernah 3 tahun tinggal di situ. Yang metromininya jelek-jelek, dari dulu sampai sekarang masih," ujar Jokowi sambil tertawa. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini