Sukses

Jokowi Bakal Perbaiki Jalan Rusak di Rute Jakarta Marathon 2013

Tidak seluruh jalan yang akan dilalui oleh para peserta Jakarta Marathon itu menjadi tanggungjawab Pemprov DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi berencana memperbaiki jalan-jalan rusak di sepanjang rute yang akan dilalui para peserta Jakarta Marathon 2013. Selain itu, para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di rute pun juga akan ditertibkan.

"Langsung hari ini, langsung akan saya cek jalan rusak dan keberadaan PKL di sepanjang rute maraton. Itu cepet kok, paling satu atau dua hari sudah bisa selesai, sudah rampung," ujar Jokowi di silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2013).

Namun, tidak seluruh jalan yang akan dilalui oleh para peserta Jakarta Marathon itu menjadi tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta. Ada sebagian jalan nasional yang merupakan kewenangan pemerintah pusat di bawah Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

"Memang jalan di sepanjang rute Jakarta Marathon ini yang dalam kewenangan pemerintah pusat. Biasanya jalan-jalan yang besar itu milik pusat. Sedangkan jalan-jalan kecil milik kita (Pemprov DKI). Makanya kita mau lihat dulu," ucap Jokowi.

"Saya pikir ini cepat, akan dikejar. Hari ini saya cek. Lalu perintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk memperbaikinya. Paling kecil-kecil saja kok. Kerusakannya nggak ada yang gede-gede," kata Jokowi.

Pria bernama lengkap Joko Widodo itu mengklaim, panitia penyelenggara telah mengantongi sertifikat dari induk organisasi yang menaungi olahraga atletik sedunia. Yakni International Associtation of Atheletics Federations (IAAF) dan Amaury Sport Organisation (ASO) yang merupakan konsultan Perancis, penyelenggara Tour de France, Paris Marathon, Dakkar Rally.

"Dengan adanya sertifikat IAAF saya kira  jalurnya sudah layak sepertinya. Tapi tetap ini akan kita lihat, tetap akan kita benahi," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, acara yang terselenggara pada 27 Oktober nanti ini akan diikuti para pelari nasional dan internasional. Beberapa atlet Marathon ternama yang berasal dari Kenya, Ethiopia, dan Belarusia juga akan ikut meramaikan acara ini.

Para peserta Jakarta Marathon akan menempuh jalur sepanjang 42,195 kilometer dengan mengambil rute start di silang Monas Barat Daya, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Abdul Muis, Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada, Jalan Pintu Besar Selatan, Kawasan Kota Tua, Jalan Hayam Wuruk.

Kemudian melewati Jalan Djuanda, Jalan Veteran, Jalan Merdeka Barat, Jalan MH. Thamrin, Bundaran HI, Jalan HR. Rasuna Said, Jalan Gatot Subroto, Jalan Asia Afrika, Jalan Sisingamaraja, Jalan Jenderal Sudirman dan berakhir finish kembali ke Silang Monas Barat. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini