Sukses

Menpora: PSP3 Berbasis Potensi Alam dan Manusia di Daerah

"Basis utamanya memanfaatkan sumber daya alam dan kejeniusan lokal di lingkungan desa setempat,"

Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo mengatakan, prinsip utama keberadaan program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan (PSP3) adalah memfasilitasi para sarjana untuk membangun pedesaan  dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) dan kejeniusan lokal yang tersedia.

"Prinsip utama PSP3 adalah memfasilitasi para pemuda berpendidikan untuk menggerakan pembangunan dan ekonomi di pedesaan. Basis utamanya memanfaatkan sumber daya alam dan kejeniusan lokal di lingkungan desa setempat," kata Roy di Condet, Jakarta Timur, Selasa (3/9/2013).

Roy mengatakan, indikator meningkatnya perekonomian masyarakat di pedesaan dicerminkan dari meningkatnya pendapatan perkapita. Karena itu tugas utama PSP3 ini adalah menggerakan roda-roda ekonomi di pedesaan. Baik yang telah ada maupun yang baru.

Roy yang juga mantan Anggota Komisi I DPR menambahkan para peserta PSP3 dapat dipacu untuk menciptakan peluang usaha di suatu daerah. Karena adanya peluang akan mendatangkan kapital yang dapat meningkatkan income atau pendapatan.

"Adanya peluang juga akan meningkatkan money supply, investasi, meningkatkan konsumsi, populasi, serta labour mobility ke daerah tersebut," ujar dia.

Adapun, para PSP3 ini ditempa di Pusat Pembelajaran Resimen Induk Daerah Jayakarta (Rindam Jaya) sejak 31 Agustus sampai 14 September 2013. Selama mengikuti Diklat Pembekalan, mereka mendapatkan pembekalan baik secara teknis maupun pengetahuan dan mental.

Pemilihan Rindam Jaya sebagai tempat pembekalan dianggap strategis. Karena Pusat Pembelajaran Rindam Jaya memiliki sarana dan parasarana yang cukup lengkap. Termasuk sumber saya pembina dan pelatih.

Adapun, para pemuda sarjana ini akan bekerja selama 2 tahun di desa tujuan yang sudah dipilih. Mereka memang harus bekerja keras menemukan dan melakukan berbagai upaya kreatif untuk mengembangkan usaha masyarakat. Karena pada dasarnya mereka hanya memiliki waktu yang relatif singkat untuk menciptakan suatu usaha yang berkelanjutan. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini