Sukses

Dewa Beratha Terpilih Lagi sebagai Gubernur Bali

Liputan6.com, Denpasar: Pasangan Dewa Made Beratha dan I Gusti Kesuma Alit Kelakan akhirnya terpilih kembali sebagai gubernur Bali dan wakilnya untuk periode 2003-2008. Duet yang direkomendasikan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini meraih 31 suara dalam Rapat Paripurna DPRD Bali yang dihadiri 55 anggota Dewan, Rabu (6/8) [baca: Anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dikarantina].

Dalam pemilihan yang berlangsung sekitar tiga jam, Dewa Made Beratha bersama pasangannya mengalahkan dua pasangan lainnya [baca: Tiga Paket Calon Gubernur Bali Ditetapkan]. Pasangan I Putu Gde Ary Suta-Ngurah Wididana yang diusulkan DPD Partai Golkar Bali hanya memperoleh empat suara. Sementara pasangan Anak Agung Gede Antara-Jre Gde Karang Suwarsana meraih 20 suara.

Di sisi lain, 31 suara untuk pasangan Dewa Beratha-Alit Kelakan membuktikan tidak utuhnya suara PDIP di DPRD Bali yang berjumlah 39 orang. Meski belum diperoleh kepastian, tapi sisa delapan suara PDIP diperkirakan lari ke pasangan Anak Agung Gede Antara-Jre Gde Karang Suwarsana, yang dicalonkan Fraksi Kebangsaan Indonesia.

Sementara itu, sidang pemilihan gubernur yang dipimpin Ketua DPRD Bali Ida Bagus Putu Wesnawa ini dijaga sekitar 655 personel aparat keamanan. Sidang ini berjalan tertib dan aman, meski ratusan massa dan kader PDIP ikut hadir dan mengawasi di luar halaman Gedung DPRD Bali.(PIN/Tim Liputan 6 SCTV)