Sukses

Kepemimpinan Jenderal Listyo Dinilai Jadi Faktor Pulihnya Citra Positif Polri

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menempati posisi puncak, hasil survei lembaga penegak hukum yang mempunyai citra positif atau paling dipercaya masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menempati posisi puncak, hasil survei lembaga penegak hukum yang mempunyai citra positif atau paling dipercaya masyarakat. Menurut survei yang dirilis oleh Litbang Kompas tersebut, angka citra positif Polri adalah skor 73,1 persen.

Menanggapi hasil tersebut, Direktur Eksekutif Sara Institute, Wildan menilai prestasi Polri tersebut tak lepas dari kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Berkat kerja keras seluruh elemen, Kepolisian mampu mengembalikan tingkat kepercayaan publik ke level yang baik di masyarakat,” ujar Wildan melalui siaran pers diterima, Sabtu (21/6/2024).

Wildan mencatat, Polri beberapa waktu lalu sempat diragukan dan tidak mendapat kepercayaan publik. Namun dengan hasil survei ini, Polri kembali membuktikan kepercayaan publik telah pulih.

“Survei ini adalah jawaban atas segala keraguan dari masyarakat terkait pemulihan kepercayaan masyarakat kepada polri,” tambah Wildan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tegak Lurus

Wildan menilai, sikap Kapolri yang tegak lurus pada aturan dan selalu responsif atas segala peristiwa baik di tengah masyarakat ataupun di internal kepolisian bisa menjadi faktor meningkatnya citra baik institusi Polri.

“Citra diri sebuah instansi tergambar dari setiap tindakan dan kebijakan yang diambil oleh pemimpin tertingginya” tegas Wildan.

Atas capaian tersebut, Sara Institute mengapresiasi komitmen Polri untuk terus mengawal dan mendukung keberpihakan ke publik agar lebih baik lagi.

"Kami dari SARA institut menyematkan penghargaan kepada Kapolri dengan menyebutnya “Hoegeng Era Modern," Wildan menandasi.

3 dari 3 halaman

Survei Kompas

Diketahui, hasil survei Litbang Kompas periode Juni 2024 menunjukkan peningkatan citra terhadap delapan lembaga negara. Polri berada diperingkat dua teratas dengan kepuasan mencapai 73,1 persen.

Survei dilakukan pada 27 Mei-2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi. Tingkat kepercayaan metode tersebut 95 persen dan margin of error plus minus 2,83 persen.

Litbang Kompas menyatakan bahwa survei ini sepenuhnya dibiayai oleh harian Kompas. Berikut hasil survei Litbang Kompas periode Juni 2024 terkait penilaian citra sejumlah lembaga negara:

TNI 89,8 persen

Polri 73,1 persen

DPD 68,6 persen

Kejaksaan 68,1 persen

MA 64,8 persen

DPR 62,6 persen

MK 61,4 persen

KPK 56,1 persen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini