Sukses

7 Pesan Mulai Anies, Erick Thohir, hingga Jokowi saat Momentum Hari Raya Idul Adha 1445 H

Pada hari ini di awal pekan, Senin (17/6/2024), segenap umat Muslim di Indonesia melaksanakan sholat Idul Adha 1445 Hijriah. Tak ketinggalan para tokoh yang juga sholat Idul Adha pagi tadi dan menyampaikan sejumlah pesan.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini di awal pekan, Senin (17/6/2024), segenap umat Muslim di Indonesia melaksanakan sholat Idul Adha 1445 Hijriah. Tak ketinggalan para tokoh yang juga sholat Idul Adha pagi tadi dan menyampaikan sejumlah pesan.

Salah satunya Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan melaksanakan sholat Idul Adha 2024 di Masjid Babul Khoirot, Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Jaksel). Masjid ini diketahui tidak jauh dari kediamannya.

Tak hanya melaksanakan sholat Idul Adha, Anies juga ikut berkurban pada tahun ini. Anies mengaku berkurban sapi di tiga lokasi yakni Jakarta, Yogyakarta dan Kuningan, Jawa Barat.

"Nanti akan ada rangkaian, kami akan menyerahkan hewan kurban di sini di Masjid Babul Khoirot. Jadi kami kurban di Yogyakarta, Kuningan, dan juga di Babul Khoirot ini dan ada beberapa tempat lain," ujar Anies usai melaksanakan sholat Idul Adha di Jakarta, Senin (17/6/2024).

Kemudian, pada lebaran tahun ini, Anies berharap dapat mengambil hikmah serta pelajaran dari peristiwa yang dialami oleh keluarga Nabi Ibrahim AS.

"Di mana keikhlasan, ketaqwaan, diuji yang amat berat sekaligus juga pelajaran bagi kita semua bagaimana nabi Ibrahim AS dan Siti Hajar mendidik seorang anak bernama Ismail sehingga memiliki derajat ketaqwaan yang begitu tinggi di usia amat belia," kata Anies.

Selain itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan doa dan harapannya di momen perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H. Hal ini disampaikan melalui akun Instagram pribadinya.

Erick berharap, segala umat Islam menjadi seseorang yang bertakwa. Tak cuma itu, sebagai esensi berkurban, Erick Thohir berharap hal itu bisa juga menyingkirkan ego dan peduli terhadap sesama.

"Semoga kita dapat menjadi insan yang bertaqwa, yang dapat menyingkirkan ego pribadi, demi kebaikan bagi sesama, dan kelestarian alam," tulis Erick melalui akun Instagram @erickthohir, Senin (17/6/2024).

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah," sambungnya.

Lalu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui instagram pribadinya @jokowi menyampaikan pesan khusus soal berkurban dalam momentum lebaran Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024 masehi.

Menurut Jokowi, berkurban adalah ekpresi dari rasa ikhlas atas keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa.

"Berkurban menjadi salah satu ekspresi syukur dan rasa ikhlas kita atas berkah Allah SWT," tulis Jokowi seperti dikutip Senin (17/6/2024).

Berikut sederet pesan dari para tokoh saat momentum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah atau Idul Adha 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Anies Baswedan Ajak Umat Islam Teladani Keluarga Nabi Ibrahim di Momen Idul Adha

Mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan melaksanakan sholat Idul Adha 1445 Hijiriah di Masjid Babul Khoirot, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2024). Anies datang bersama keluarganya mulai dari ibu, istri, menantu, dan tiga putranya.

"Alhamdulillah pagi hari ini kami sekeluarga baru saja menyelesaikan Sholat Idul Adha bersama-sama di Masjid Babul Khoirot di Lebak Bulus bersama dengan warga di sini," kata Anies, Senin (17/6/2024).

Dia mengaku berkurban sapi di tiga lokasi yakni Jakarta, Yogyakarta dan Kuningan, Jawa Barat saat Idul Adha tahun ini.

"Nanti akan ada rangkaian, kami akan menyerahkan hewan kurban di sini di Masjid Babul Khoirot. Jadi kami kurban di Yogyakarta, Kuningan, dan juga di Babul Khoirot ini dan ada beberapa tempat lain," ujar Anies.

Di Jakarta, Anies berkurban sapi di Masjid Babul Khoirot, Lebak Bulus, Jakarta Selatan sekaligus melaksanakan sholat Idul Adha.

Pada momen Idul Adha 2024 ini, Anies mengajak semua umat Islam untuk mendoakan mereka yang beribadah haji di tanah suci sekaligus meminta doa dari para jemaah haji agar mendoakan yang di Tanah Air.

"Kita semua mendoakan supaya saudara-saudara kita yang sedang ibadah haji diberikan kesehatan, dimudahkan dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dan Insyaallah kembali dalam keadaan haji mabrur," katanya.

"Kita juga berharap pada saudara-saudara kita yang sedang haji doakan kami di tanah air sehingga selalu aman, tentram, damai dan sejahtera," sambung Anies.

Lebih lanjut Anies juga mengajak semua umat muslim agar meneladani dan mengambil hikmah dari keluarga Nabi Ibrahim AS. Mulai dari bagaimana beliau menjalani kehidupan serta mendidik anaknya Nabi Ismail AS.

"Nabi Ibrahim AS dan Siti Hajar mendidik seorang anak bernama Ismail sehingga memiliki derajat ketaqwaan yang begitu tinggi di usia amat belia, sehingga apapun yang menjadi tuntutan, perintah, dilaksanakan tanpa ada reservasi," kata Anies.

 

3 dari 8 halaman

2. Ketum Golkar Airlangga Sebut Partai Politik Harus Banyak Berkorban

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto merayakan hari raya Idul Adha dengan keluarga para kadernya, yang diawali dengan salat ied di Masjid Ainul Hikmah, DPP Partai Golkar, Jakarta.

Turut hadir Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung, Ketua Dewan Etik Partai Golkar Mohammad Hatta, Anggota Komisi I DPR RI Nurul Arifin, dan kader lainnya.

Dia pun mengatakan, momentum Hari Raya Idul Adha untuk mengingatkan juga peran partai politik untuk bisa berkorban demi tujuan masyarakat yang sejahtera.

"Tentu filosofi ini banyak dilakukan oleh partai politik bahwa kita harus berkorban untuk tujuan yang lebih besar. Tujuan lebih besar tadi disampaikan tentu masyarakat lebih sejahtera juga sesuai tadi pancasila ayat ke empat," kata Airlangga di DPP Golkar, Jakarta, Senin (17/6/2024).

Pria yang juga menjabat sebagai Menko Perekonomian ini menuturkan, di hari raya Idul Adha ini, Golkar sudah memberikan 38 sapi ke masing-masing dapil kadernya yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat.

"Hampir di setiap dapil di kabupaten kota rata-rata juga ada jumlah yang sama 20-30 di masing-masing di wilayah tentu ini menjadi hal yang wajib dilakukan oleh kader-kader Partai Golkar agar masyarakat merasakan keberadaan dari kader-kader partai," jelas dia.

Adapun hewan kurban berasal dari Airlangga sendiri, kemudian ada jajaran pengurus partai Golkar dan kader yang berada di DPR.

 

4 dari 8 halaman

3. Kapolri Listyo Sigit Ingatkan Idul Adha Momentum Jaga Toleransi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Dia berharap momentum tersebut menjadi penguat sikap toleransi antar masyarakat Indonesia.

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah mohon maaf lahir dan batin," tutur Listyo kepada wartawan, Senin (17/6/2024).

Listyo menyebut, Hari Raya Idul Adha menjadi momen memperingati peristiwa Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail, sebagai wujud kepatuhan kepada Allah SWT. Tentunya, hal itu mestinya menjadi pengingat semangat toleransi agar terus digaungkan.

"Mari bersama memperingati Hari Raya kurban dengan semangat toleransi dan persatuan kesatuan untuk menjaga utuhnya kebhinekaan," jelas dia.

Jajaran Pejabat Utama (PJU) Mabes Polri sendiri melakukan salat Idul Adha di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri. Khutbah pun diisi oleh Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ali Munhanif.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, ada sebanyak 8.583 hewan kurban yang disediakan Polri, dengan rincian 5.209 ekor sapi dan 3.374 ekor kambing.

Sebanyak 611 ekor sapi dan 17 ekor kambing merupakan hasil yang dikumpulkan di Satker Mabes Polri. Sementara untuk Polda jajaran terkumpul sebanyak 4.598 ekor sapi dan 3.357 ekor kambing.

"Untuk pendistribusian hewan qurban PJU Mabes diarahkan ke Komplek Polri, Asrama Polri, Ponpes dan Yayasan Yatim Piatu, Mako Polres. Serta Polsek se-Jabodetabek," kata Sandi.

 

5 dari 8 halaman

4. Doa dan Harapan Erick Thohir di Momen Idul Adha 1445 H

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan doa dan harapannya di momen perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H. Hal ini disampaikan melalui akun Instagram pribadinya.

Erick berharap, segala umat Islam menjadi seseorang yang bertakwa. Tak cuma itu, sebagai esensi berkurban, Erick Thohir berharap hal itu bisa juga menyingkirkan ego dan peduli terhadap sesama.

"Semoga kita dapat menjadi insan yang bertaqwa, yang dapat menyingkirkan ego pribadi, demi kebaikan bagi sesama, dan kelestarian alam," tulis Erick melalui akun Instagram @erickthohir, Senin (17/6/2024).

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah," sambungnya.

Erick terlihat mengunggah sebuah gambar ilustrasi yang menampilkan beberapa orang sedang bersalaman. Sementara itu, di latar belakang terlihat gambar sebuah masjid.

Menariknya, sosok Erick Thohir turut digambar di posisi kiri depan berbentuk layaknya karikatur.

 

6 dari 8 halaman

5. Doa dari Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengirimkan pesan di tengah ibadah haji yang sedang dijalankannya. Ada doa yang disampaikan ditengah momen Hari Raya Idul Adha.

Sri Mulyani menyampaikan doanya melalui akun Instagram pribadinya.

"Selamat Iduladha 1445 Hijriah. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga segala amal ibadah kita diridai dan mendapat berkah, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT," tulis Menkeu Sri Mulyani melalui akun Instagram @smindrawati, Senin (17/6/2024).

Diketahui, Sri Mulyani saat ini tengah menjalani ibadah haji. Dia turut menyampaikan doa bagi para jemaah haji.

Bendahara Negara itu turut mendoakan para umat Islam yang menjalankan kurban. Dia berharap, kurban itu bisa bermanfaat bagi masyarakat dan membawa kesejahteraan.

"Bagi jamaah yang melaksanakan ibadah haji, semoga memperoleh kemabruran, dan yang melaksanakan ibadah kurban, semoga pengorbanan yang dilakukan tak hanya memberi manfaat dan membawa kesejahteraan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan," urainya.

"Tetapi juga membuka pintu rezeki lebih luas dan menjadi ladang pahala bagi kita kelak. Aamiin ya rabbal alamin," pungkas Sri Mulyani.

 

7 dari 8 halaman

6. Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Idul Adha Pelajaran Penting soal Solidaritas Sosial

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyerahkan sapi kurban miliknya dan milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Penyerahan sapi kurban dilakukan usai Ma'ruf beserta Istrinya Wury Ma’ruf Amin melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H sekira pukul 07.49 WIB di Masjid Istiqlal Jakarta, Senin pagi (17/06/2024).

Hewan kurban diserahkan Ma'ruf kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Adapun sapi yang dikurbankan Ma'ruf berjenis Limosin.

"Menjadi tradisi setiap tahun Presiden wakil Presiden memberikan korban di beberapa tempat dan utamanya di Masjid Istiqlal," kata Ma'ruf.

Menurut dia, pada Idul Adha 2024 ini Masjid Istiqlal menerima sebanyak 50 herwan kurban yang meliputi sapi dan kambing. Ma'ruf menjelaskan, pelaksanaan Hari Raya kurban merupakan sunah Nabi Ibrahim. Nantinya daging hewan kurban yang telah disembelih bakal diberikan kepada mereka yang berhak menerima hewan kurban.

"Supaya setiap tahun kita mengeluarkan dana untuk membeli kurban untuk kepentingan memberikan untuk kepada orang fakir dan miskin. Artinya kurban ini sebenarnya adalah kalau dalam arti katanya itu sesuatu yang dijadikan untuk mendekatkan diri pada Allah," ucap Ma'ruf.

Selain Ma'ruf, tampak beberapa pejabat turut melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal, diantaranya terlihat Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK), Hakim MK Arsul Sani, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Lalu, ada Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono, serta sejumlah Duta Besar negara sahabat. Sementara di saf perempuan, juga tampak Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Kemudian, Wapres Ma'ruf menyatakan, Hari Raya Idul Adha memberikan pelajaran penting soal solidaritas sosial kepada sesama.

"Bagi yang ingin dekat dengan Allah, berkurbanlah. Hari ini, besok dan lusa. Dan ini pelajaran penting buat kita untuk bersolidaritas sosial," kata Ma'ruf.

Kurban, kata Ma'ruf menjadi simbol solidaritas di Hari Raya Idul Adha. Sebab, kata Ma'ruf daging sembelihan hewan kurban disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya.

"Kurban itu simbol saja. Sebenarnya adalah solidaritas kita bukan hanya menyembelih kurban, tapi memberikan sesuatu untuk kepentingan banyak orang," ujar Ma'ruf.

"Termasuk berkorban tenaga, berkorban pikiran, berkorban harta, dan kadang korban perasaan juga. Ada perasaan juga korban," sambung dia.

Lebih lanjut, Ma'ruf juga bercerita soal kemerdekaan Indonesia yang diraih lewat para pejuang yang rela berkorban melawan penjajah. Sehingga, Indonesia bisa meraih kemerdekaan.

"Kalau enggak ada mereka yang mau berkurban ya enggak merdeka kita. Karena itu semangat berkurban di kalangan bangsa ini harus dihidupkan terus. Jangan sampai melemah, jangan sampai tidak peduli," ucap dia.

"Kalau tidak peduli ini bahaya. Kalau ada generasi yang sudah tak peduli lagi, terhadap sesama itu saya kira lonceng kematian, kehancuran. Kalau tidak ada kepedulian," tandas dia.

 

8 dari 8 halaman

7. Jokowi Sebut Berkurban Jadi Salah Satu Ekspresi Rasa Syukur dan Ikhlas

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunaikan ibadah salat Idul Adha di Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di Masjid Raya Baiturrahman, kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024).

Pantauan via daring, Presiden Jokowi salat dengan didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Jokowi tampak mengenakan setelah jas berpeci dan bersarung batik. Selain itu tturut terlihat Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Kemudian, Jokowi melalui instagram pribadinya @jokowi menyampaikan pesan khusus soal berkurban dalam momentum lebaran Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024 masehi.

Menurut mantan Gubernur Jakarta itu, berkurban adalah ekpresi dari rasa ikhlas atas keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa.

"Berkurban menjadi salah satu ekspresi syukur dan rasa ikhlas kita atas berkah Allah SWT," tulis Jokowi seperti dikutip Senin (17/6/2024).

Pada momentum ini, Jokowi berharap Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dapat menjadi penanda semakin kuatnya persatuan Indonesia.

"Semoga semangat hari raya ini semakin memperkuat persatuan, untuk Indonesia yang damai dan maju," harap pria yang juga pernah menjadi Wali Kota Solo itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.