Sukses

Jokowi di Momen Idul Adha: Berkurban Jadi Salah Satu Ekspresi Rasa Syukur dan Ikhlas

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui instagram pribadinya, @jokowi, menyampaikan pesan khusus soal berkurban dalam momentum lebaran Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024 masehi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui instagram pribadinya, @jokowi, menyampaikan pesan khusus soal berkurban dalam momentum lebaran Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024 masehi.

Menurut mantan Gubernur Jakarta itu, berkurban adalah ekpresi dari rasa ikhlas atas keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa.

"Berkurban menjadi salah satu ekspresi syukur dan rasa ikhlas kita atas berkah Allah SWT," tulis Jokowi seperti dikutip Senin (17/6/2024).

Pada momentum ini, Jokowi berharap Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dapat menjadi penanda semakin kuatnya persatuan Indonesia.

"Semoga semangat hari raya ini semakin memperkuat persatuan, untuk Indonesia yang damai dan maju," harap pria yang juga pernah menjadi Wali Kota Solo itu.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi menunaikan ibadah salat Idul Adha di Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di Masjid Raya Baiturrahman, kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024).

Pantauan via daring, Presiden salat dengan didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Turut terlihat Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Jokowi tampak mengenakan setelah jas berpeci dan bersarung batik. Sebagai informasi, Jokowi memulai salat pada pukul 06.30 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sapi Limosin Asal Parigi Moutong jadi Hewan Kurban Jokowi di Kota Palu

Sapi yang terpilih menjadi kurban Jokowi di Kota Palu itu berjenis sapi limosin berwarna coklat yang dipelihara peternak Desa Tinombala, Kecamatan Ongka Malino, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Sebelumnya untuk memilih sapi kurban dengan kualitas terbaik pihak Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Sulteng selama sebulan melakukan seleksi terhadap sapi-sapi pilihan di Sulteng.

Selain berat tubuh seleksi yang dilakukan meliputi kondisi fisik dan kesehatan.

"Termasuk pemeriksaan darah dan feses sapi untuk mengetahui ada tidaknya penyakit. Dan semuanya sehat, tidak ada penyakit menular," Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner (Kesmavet) Disbunnak Sulteng, Dandy Alfita menjelaskan, Sabtu (15/6/2024).

 

3 dari 3 halaman

Sering Berkurban

Nesosiasi harga dengan peternak telah dilakukan langsung oleh Kantor Kesekretariatan Presiden (KSP) yang sebelumnya telah datang ke Desa Tinombala melihat langsung kondisi sapi bersama pihak Kementan. 

Idul Adha tahun 2024 ini sendiri menjadi tahun ke lima Presiden Jokowi berkurban untuk Sulawesi Tengah. 

Sebelumnya orang nomor satu di Indonesia itu juga berkurban tahun 2020 di Kota Palu, tahun 2021 di Parimo, 2022 di Huntap Pombewe Sigi, 2023 di Desa Pakuli Sigi, dan tahun 2024 ini rencananya di Masjid Jami yang berada di Kelurahan Talise, Kota Palu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • Berkurban