Sukses

Idul Adha 2024, Masjid Istiqlal Akan Bagikan Langsung Daging Kurban ke Warga yang Membutuhkan

Nasaruddin menyebut, daging hewan kurban bakal dibagikan kepada jemaah aktif di Istiqlal, binaan-binaan Istiqlal, seperti panti asuhan, pondok pesantren, hingga anak yatim.

Liputan6.com, Jakarta - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, pihaknya tidak membuka sistem antre dalam menyalurkan daging hewan kurban kepada warga.

Menurut Nasaruddin, pihaknya lah yang akan secara proaktif terjun langsung ke lapangan untuk membagikan daging hewan kurban kepada warga yang membutuhkan.

"Istiqlal yang proaktif membagikan kepada mereka-mereka yang benar-benar dinilai berdasarkan penelitian yang sangat intensif, siapa sesungguhnya yang paling berhak untuk menerima hewan kurban itu dan berapa porsinya," kata Nasaruddin di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2024).

Nasaruddin menyebut, daging hewan kurban bakal dibagikan kepada jemaah aktif di Istiqlal, binaan-binaan Istiqlal, seperti panti asuhan, pondok pesantren, hingga anak yatim.

"Insyaallah semuanya ini akan kita salurkan secara proporsional. Jadi di sini (Masjid Istiqlal) tidak ada pembagian hewan kurban (di lokasi)," kata dia.

Sementara itu, Masjid Istiqlal akan melakukan pemotongan hewan kurban pada Selasa, 18 Juni 2024.

Adapun daging kurban yang sudah dipotong, nantinya akan ditimbang terlebih dahulu sebelum diantarkan ke lembaga-lembaga tertentu seperti panti asuhan, dan pondok pesantren yang membutuhkan.

Adapun pada Idul Adha 1445 Hijriah ini, Masjid Istiqlal menerima 50 ekor sapi kurban dan 12 ekor kambing kurban. Sapi dan kambing itu berasal dari para pejabat negara, pengusaha, masyarakat hingga kalangan warga non muslim, dan komunitas Tionghoa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masjid Istiqlal Terima 50 Ekor Sapi Kurban, Ada dari Jokowi, Prabowo, hingga Megawati

Masjid Istiqlal menerima total 50 ekor sapi dari sejumlah pejabat negara di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Selain itu, Masjid Istiqlal juga menerima hewan kurban berupa 12 ekor kambing.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, puluhan sapi itu diantaranya diserahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, mantan Wakil Presiden (Wapres) ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Kemudian, dari Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus presiden terpilih hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024 Prabowo Subianto dan Wapres terpilih hasil Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka.

"Hari ini saya ingin sampaikan bahwa jumlah hewan kurban yg kita kumpulkan, jumlah sapinya adalah 50 ekor sapi. Tentu yang kita saksikan adalah dari Bapak Presiden, kemudian Wapres ada juga Pak Prabowo, Pak Gibran, Bu Mega," kata Nasaruddin di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2024).

Selain itu, Masjid Istiqlal juga menerima sumbangan hewan kurban dari warga non muslim, pengusaha, hingga warga yang tergabung dalam komunitas Tionghoa.

"Kawan-kawan non muslim juga memberikan hadiah menambah distribusi daging kurban kita, 22 ekor dari sahabat kita non muslim, ada dari Katedral sapinya besar, kemudian juga Hotel Borobudur penyumbang 20 ekor sapi, ada juga rekan-rekan kita dari komunitas Tionghoa," jelas Nasaruddin.

3 dari 3 halaman

Ada Pula Sumbangan dari Non Muslim

Nasaruddin menyebut, sumbangan dari warga non muslim tersebut merupakan bentuk toleransi antar umat beragama di Indonesia.

"Inilah Indonesia, inilah Istiqlal, benar-benar kita menjalin sebuah toleransi, ada sebuah understanding yang amat dalam lintas agama di Istiqlal ini," ucap dia.

Adapun hewan kurban, bakal mulai disembelih di Istiqlal mulai esok hari, Selasa 18 Juni 2024. Pasalnya, kata dia diprediksi masih bakal ada warga yang akan mengantarkan hewan kurban ke Istiqlal sampai hari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.