Sukses

Cuaca Besok Selasa 18 Juni 2024: Jakarta di Pagi dan Malam Hari Langitnya Cerah

Langit pagi Jakarta besok, Selasa 18 Juni 2024 diprediksi keseluruhannya cerah. Seperti itulah prakiraan cuaca besok.

Liputan6.com, Jakarta - Langit pagi Jakarta besok, Selasa 18 Juni 2024 diprediksi keseluruhannya cerah. Seperti itulah prakiraan cuaca besok.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, cuaca Jakarta di siang hari seluruhnya diprediksi cerah berawan, tanpa ada hujan sama sekali.

Untuk cuaca Jakarta pada malamnya, keseluruhannya diprakirakan BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id bakal cerah, kecuali Jakarta Barat cerah berawan.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi dan Kota Bogor, Jawa Barat diprediksi cuaca pagi dan malam bakal cerah berawan, namun siang hari turun hujan dengan intensitas ringan.

Sedikit berbeda di Depok, Jawa Barat langit pagi hari diprakirakan cerah berawan, lalu siang hingga malamnya bakal turun hujan berintensitas ringan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi singkat pada waktu menjelang siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bogor," papar BMKG.

Sementara itu di Kota Tangerang, Banten diprediksi cuaca pagi hingga siang bakal cerah berawan dan malamnya berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah  Cerah Berawan  Cerah
 Jakarta Selatan   Cerah  Cerah Berawan  Cerah
 Jakarta Timur   Cerah  Cerah Berawan  Cerah
 Jakarta Utara   Cerah  Cerah Berawan  Cerah
 Kepulauan Seribu   Cerah  Cerah Berawan  Cerah
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Tangerang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cincau Segar Dikonsumsi saat Cuaca Panas, Benarkah Bisa Cegah Kolesterol Jahat?

Sebelumnya, cincau merupakan hasil olahan dari tumbuhan hijau yang merupakan spesies dari genus cyclea. Tanaman ini cukup banyak dijumpai di berbagai wilayah Indonesia.

Dengan demikian, setiap daerah menyebutnya dengan nama yang berbeda-beda, seperti camcau (Jawa), camcauh (Sunda), tahulu (Melayu), dan sebagainya.

Seringkali dijumpai dalam bentuk olahan minuman segar dengan harga terjangkau, siapa sangka ternyata cincau punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Salah satunya, cincau dipercaya mampu untuk menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Benarkah demikian?

Berikut ini penjelasan lengkapnya, dirangkum dari berbagai sumber pada Sabtu 15 Juni 2024: 

Benarkah Cincau Bisa Tekan Kolesterol Jahat?

Diketahui, dalam daun cincau terkandung senyawa polifenol yang mana kandungan ini bermanfaat untuk memerangi kolesterol jahat dalam tubuh. 

Salah satu studi menyebutkan bahwa, pemberian liang teh cincau hitam diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan serat dan senyawa bioaktifnya berkhasiat menekan lonjakan kolesterol jahat. 

Selain itu, proses penurunan kolesterol jahat atau LDL ini diimbangi dengan kenaikan kolesterol baik atau HDL secara signifikan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Cincau untuk Kesehatan

Selain baik dikonsumsi penderita kolesterol tinggi, berikut ini manfaat lain daun cincau untuk kesehatan:

1. Melancarkan Proses Pencernaan

Kandungan serat dan air dalam cincau cukup tinggi. Keduanya berperan untuk melunakkan feses dan meningkatkan kinerja usus secara sehat. 

2. Mengatasi Demam dan Gejala Panas Dalam

Cincau bermanfaat memberi rasa nyaman pada tenggorokan ketika terjadi radang. Hal ini karena cincau bersifat memberikan kesejukan. Kandungan mineral, serat, dan antioksidan di dalamnya dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dapat mempercepat proses pemulihan demam.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Salah satu penelitian yang diterbitkan melalui Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa konsumsi cincau bersama karbohidrat kompleks bisa menstabilkan kadar gula darah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.