Sukses

Jadwal dan Niat Puasa Arafah, Dosa Setahun Lalu Akan Terhapus

Puasa Arafah merupakan salah satu ibadah sunnah yang paling dianjurkan dalam Islam, di mana umat Islam berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Liputan6.com, Jakarta - Jutaan umat Islam dari seluruh dunia akan melaksanakan Puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah 1446 Hijriah, bertepatan dengan 16 Juni 2024. Puasa Arafah merupakan salah satu ibadah sunnah yang paling dianjurkan dalam Islam.

Puasa Arafah memiliki keutamaan yang sangat besar, salah satunya adalah diampuni dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Umat Islam meyakini bahwa di hari Arafah inilah doa-doa mereka akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Jadwal Puasa Arafah

Puncak pelaksanaan Puasa Arafah adalah di Padang Arafah, Mekkah, Arab Saudi, di mana jutaan jamaah haji berkumpul untuk melaksanakan Wukuf, salah satu rukun haji. Di Padang Arafah, para jamaah haji bermunajat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Bagi umat Islam di Indonesia yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji, Puasa Arafah dapat dilaksanakan di mana saja. Umat Islam di Indonesia biasanya melaksanakan Puasa Arafah di masjid, rumah, atau tempat lainnya.

Berdasarkan hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jadwal Puasa Arafah jatuh pada Ahad, 16 Juni 2024 M/9 Dzulhijjah 1445 H.

Niat Puasa Arafah  

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ.   

Artinya: "Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’âlâ."

Sebagaimana puasa sunnah pada umumnya, waktu niat puasa Arafah dilakukan sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat. Dengan catatan, belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Arafah

Berikut adalah beberapa keutamaan Puasa Arafah:

  • Diampuni dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang
  • Terhindar dari api neraka
  • Mendapatkan pahala yang berlipat ganda
  • Diperkenankan masuk surga
  • Mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW

Siapa yang berpuasa pada hari Arafah akan dihapuskan dua tahun dosa-dosanya, yakni dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Hal tersebut sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW. 

"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim). 

Anjuran dan Larangan Puasa Arafah

Berikut adalah beberapa anjuran dan larangan Puasa Arafah:

Anjuran:

  • Membaca niat Puasa Arafah sebelum fajar
  • Memperbanyak doa dan dzikir di hari Arafah
  • Bersedekah
  • Membagikan makanan kepada orang lain

Larangan:

  • Melakukan perbuatan yang dapat membatalkan puasa
  • Berbicara yang tidak baik
  • Berbuat maksiat

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Puasa Arafah merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Di hari Arafah inilah doa-doa umat Islam akan dikabulkan oleh Allah SWT. Umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan Puasa Arafah di masjid, rumah, atau tempat lainnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Perbedaan Rukun dan Wajib Haji dengan Rukun Umrah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini