Sukses

Lepas Keberangkatan Jemaah Haji Aceh, Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Suhu Panas di Saudi

Wapres Ma'ruf Amin meminta para jemaah haji menjaga kesehatannya mengingat suhu di Arab Saudi jauh lebih panas dari Indonesia, yakni mencapai 42-43 derajat Celsius.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melanjutkan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh, Rabu (29/5/2024). Setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Wapres langsung melepas keberangkatan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama Provinsi Aceh. 

Sebanyak 393 jemaah beserta petugas kloter pertama lepas landas pada pukul 17.45 WIB menggunakan Pesawat Garuda GA777.

Sebelum lepas landas, Ma’ruf sempat menyapa dan mendoakan para jemaah haji di dalam pesawat dan bersama-sama melantunkan talbiah. 

“Sore ini saya mengantar keberangkatan jemaah haji Aceh. Jemaah haji Aceh ini rata-rata menunggu gilirannya itu 34 tahun, ada juga yang sampai 50 tahun ya. Karena itu waktu Menteri Haji (Arab Saudi) datang ke sini saya minta tambah lagi tahun depan itu,” kata Ma’ruf di Aceh, Rabu (29/5/2024).

Ma’ruf mengaku ikut senang melihat semangat para jemaah yang tetap gembira meski lama menunggu giliran berhaji. Dia pun meminta para jemaah menjaga kesehatannya agar bisa menunaikan rukun haji.

“Ada 23 persen, karena itu petugas kita memang sudah disiapkan untuk bisa membimbing dan juga pemondokan sudah settle di Makkah. Dan yang saya minta diwaspadai karena cuaca di Makkah sekarang cukup panas, 42-43 derajat sehingga mereka harus bisa menjaga diri,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soroti Penerbangan Garuda yang Sering Telat

Ma’ruf berpesan agar para jamaah betul-betul menjalankan ibadah haji dengan baik dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.

“Jangan sampai sibuk dengan yang lain-lain, jangan sampai tawaf di pasar, tawafnya di Ka’bah saja. Saya kira itu,” ucap Wapres.

Selain itu, Ma’ruf juga menyoroti soal masih adanya penerbangan haji yang mengalami keterlambatan. Menurutnya, Garuda Indonesia sudah mendapat teguran dari Kementerian Agama (Kemenag) selaku penyelenggara haji.

“Soal keterlambatan saya kira Kementerian Agama sudah menegur Garuda supaya jangan terlambat lagi. Dan Garuda sudah apa menyiapkan diri untuk terus memperbaiki ya,” katanya memungkasi.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini