Sukses

Universitas Terbuka Jadi Tuan Rumah NUDC 2024, Ajang Cetak Talenta Muda Unggul

UT menjadi tuan rumah ajang debat mahasiswa dengan bahasa Inggris, NUDC 2024. Acara tersebut digelar secara luring di UTCC, Tangerang Selatan mulai 26 Mei - 2 Juni 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Terbuka (UT) menjadi tuan rumah penyelenggaraan National University Debating Championship (NUDC) 2024. Kegiatan debat mahasiswa dalam bahasa Inggris ini digelar secara offline atau luring pada 26 Mei - 2 Juni 2024 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Kantor Pusat UT, Tangerang Selatan.

NUDC 2024 mempertemukan 112 tim terbaik se-Indonesia. Dengan menggunakan format debat parlemen, NUDC menuntut para mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik.

Dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dialami suatu masyarakat atau bangsa. Mahasiswa harus mampu berposisi dan meyakinkan publik bahwa posisi mereka benar dan tepat. Oleh karena itu, debat merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa dalam skala internasional.

"Kegiatan lomba debat bahasa Inggris NUDC menjadi wahana aktualisasi unjuk prestasi para mahassiwa dari berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, mengembangkan karakter, kecerdasan, keterampilan, pengendalian emosional, disiplin, sportivitas, demokrasi, persatuan dan kesatuan, serta bertanggung jawab dalam melaksanakan semua kegiatan," demikian dikutip dari siaran pers, Senin (27/5/2024).

Hal ini sejalan dengan fungsi pendidikan nasional untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat jasmani, berilmu, cakap kreatif, mandiri, dan demokratis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

NUDC 2024 Resmi Dibuka

Adapun pembukaan ajang NUDC 2024 dilaksanakan pada 27 Mei 2024 dan diselenggarakan secara luring di UTCC, Kantor Pusat Univesitas Terbuka, Tangerang Selatan. Acara pembukaan NUDC 2024 dimulai dengan pemaparan laporan oleh ketua panitia penyelenggara, Rahmat Budiman selaku Plt Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) yang juga Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis UT.

Setelah pemarapan laporan kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Sri Suning Kusumawardani selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Dikti, kemudian sambutan oleh Rektor UT, Ojat Darojat.

Acara dilanjutkan dengan Peresmian Kegiatan NUDC 2024 oleh Rektor UT, Para Wakil Rektor UT, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Dikti, dan Para Dekan UT. Peresmian tersebut sekaligus menandai bahwa rangkaian kegiatan NUDC 2024 secara resmi telah dimulai.

"Dengan terselenggaranya Ajang Talenta NUDC 2024 ini, diharapkan akan menjadi momentum yang sangat berharga, tidak hanya bagi UT, akan tetapi bagi seluruh instansi Perguruan Tinggi. Ajang Talenta NUDC 2024 ini tentunya menjadi pemantik bagi para mahasiswa untuk berpacu dan berprestasi sebagai upaya mencetak talenta muda yang berkualitas unggul, berdaya saing, berintegritas, dan peka terhadap permasalahan nyata di kehidupan bermasyarakat baik dalam lingkup nasional maupun global," demikian bunyi siaran pers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini