Sukses

Cak Imin soal Pilgub Jatim: Bu Khofifah Boleh Daftar Maju dari PKB

Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mempersilahkan semua pihak untuk mendaftar Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) dari partainya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mempersilahkan semua pihak untuk mendaftar Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) dari partainya. Dia pun tidak menutup pintu jika mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bermaksud maju kembali melalui PKB.

“Semua tempat, tidak hanya Jawa Timur. Pilkada minggu-minggu ini adalah konsentrasi saya dan DPP PKB, terutama menseleksi, menelusuri rekam jejak, menentukan tokoh. Nah khusus Jawa Timur akan ada kejutan-kejutan, tetapi masih dimatangkan,” tutur Cak Imin di Pendopo Anies, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).

Menurut Cak Imin, pihaknya masih terus menggodok komposisi sosok yang paling tepat diusung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Termasuk menunggu niat Anies Baswedan kembali maju di Pilgub DKI Jakarta.

“Ya gini ya, Pilkada itu prinsipnya membuka diri. Semua tokoh yang punya peluang dan potensi dipersilakan daftar ke PKB, nah kalau yang nggak daftar ya nggak ada komunikasi,” jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Khofifah

Cak Imin mengakui Khofifah menjadi salah satu tokoh yang belum mendaftar maju Pilgub Jatim dari PKB. Adapun pihaknya akan mengumumkan sosok yang mendaftar pada 3 Mei 2024 mendatang.

“Nasional sudah ratusan (yang daftar), sudah 300-an. Ya bertahap (pengumumannya), tanggal 1 berapa yang dibuka, bukan hanya dibuka, akan kita undang, pendaftar itu tanggal 1 kita undang. Sebagian per zona (untuk fit and proper test). Jakarta ini, Jawa Barat, Banten, tanggal 1 kayanya,” ungkapnya.

Cak Imin pun menampik menyiapkan sosok tandingan untuk Khofifah Indar Parawansa dalam ajang Pilgub Jatim.

“Tidak tandingan, kalau Bu Khofifah daftar gimana? Kalau Bu Khofifah daftar. Siapapun yang daftar, kita enggak boleh diskriminasi. Bahkan lawan politik pun boleh,” Cak Imin menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini