Sukses

Gerindra Tegaskan Prabowo Tetap Menhan Sampai Selesai Usai Jadi Presiden Terpilih

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto tetap akan menuntaskan tugasnya sebagai Menhan hingga masa kepemimpinan Presiden Jokowi usai.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra menegaskan bahwa Prabowo Subianto memilih tidak mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) setelah ditetapkan sebagai Presiden terpilih periode 2024-2029.

Prabowo tetap akan menuntaskan tugasnya sebagai Menhan RI sampai masa pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin selesai.

"Ya saya pikir dan hasil diskusi sebagai Menteri Pertahanan akan menyelesaikan tugasnya sampai selesai," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024).

Dasco beralasan, dengan tetap menjadi Menhan, Prabowo lebih mudah berkoordinasi dengan menteri-menteri lain di pemerintahan sesuai bidang masing-masing.

"Fix tidak (mundur)," ucap Dasco.

Namun Dasco belum mengetahui apakah Gibran Rakabuming Raka yang juga telah ditetapkan sebagai Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 akan mundur dari jabatan Wali Kota Solo.

"Saya belum tahu," ucap politikus senior Gerindra ini singkat.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menhan AS Beri Selamat Prabowo

Sementara itu, Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto menerima ucapan selamat dari Menteri Pertahanan (Menhan) AS, Lloyd J. Austin III, setelah penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ucapan tersebut disampaikan Austin melalui sambungan telepon, Rabu (24/4/2024).

Prabowo dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan menegaskan kembali komitmen Indonesia dalam membina kemitraan yang erat dengan AS.

“Saya berbahagia menerima telepon yang hangat dari sahabat saya yang terhormat, Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Yang Mulia Llyod J. Austin Ill, yang menyampaikan ucapan selamat atas hasil pemilihan presiden,” kata Prabowo seperti dilihat dari akun instagramnya, Kamis (25/4/2024).

“Percakapan kita hari ini mencerminkan komitmen untuk memajukan kepentingan bersama kedua negara besar kita. Saya berharap dapat meningkatkan kemitraan kita dan berkolaborasi secara erat dalam isu-isu strategis,” lanjutnya.

Prabowo dan Austin juga membahas mengenai hubungan pertahanan AS-Indonesia, serta berbagi pandangan mengenai dinamika keamanan regional dan global. Keduanya pun membahas potensi mempererat kerja sama pertahanan termasuk modernisasi militer Indonesia.

Austin juga pada percakapan itu kembali menekankan pentingnya shared values antara keduanya, yang merupakan negara demokrasi terbesar di dunia. Ia pun mengapresiasi keberhasilan Indonesia yang melakukan airdrop bantuan kemanusiaan ke Gaza beberapa waktu lalu.

Hal lainnya yang turut disepakati adalah menjaga aturan dan norma internasional demi mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

 

3 dari 3 halaman

KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029. 

Hal ini berdasarkan Berita Acara Nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Komisi Pemilihan Umum menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 H Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam pemilihan umum tahun 2024," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam rapat pleno di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

Dalam Pemilu 2024 ini, Prabowo dan Gibran memperoleh suara sebanyak 96.214.691 atau 58,59 persen dari total suara sah nasional. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.