Sukses

Klaim Mudik Lebaran 2024 Berjalan Lancar, Moeldoko: Tetap Perlu Dievaluasi

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko memastikan arus mudik dan balik yang terjadi pada libur Lebaran 2024 berjalan dengan cukup lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko memastikan arus mudik dan balik yang terjadi pada libur Lebaran 2024 berjalan dengan cukup lancar. Menurut dia, antisipasi lonjakan jumlah penumpang mudik tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Semua telah bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh, seluruh pihak yang terlibat sudah berproses dengan sangat baik dalam mendukung kelancaran arus mudik dan balik lebaran," kata Moeldoko saat meninjau fasilitas KM. Kelud di pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, dikutip dari siaran pers, Sabtu (20/4/2024).

Kapal Kelud merupakan salah satu kapal yang melayani program Mudik Gratis 2024 untuk rute Batam-Belawan dan Jakarta-Batam. Lonjakan pemudik menuju Batam menggunakan kapal sempat terjadi, dikarenakan adanya peralihan pilihan moda transportasi oleh pemudik.

Peralihan ini disinyalir terjadi karena sedikitnya angka bagasi dan mahalnya tiket pesawat menuju Batam. Selain itu, pemilihan lokasi sandar di Pelabuhan bongkar muat Batu Ampar dikarenakan keadaan kedalaman palung lautnya yang paling memungkinkan.

Moeldoko mengatakan perbaikan fasilitas, baik dari sisi regenerasi kapal serta perbaikan fasilitas di pelabuhan sudah menjadi perhatian pemerintah.

Dia menyampaikan di tengah pelayanan yang maksimal, kekurangan yang disampaikan di berbagai sisi menjadi hal yang perlu dievaluasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi

"Mudik dengan kapal ini masih sangat tinggi peminatnya, fasilitasnya akan dievaluasi untuk mendukung kenyamanan masyarakat," ujarnya.

"Sudah menjadi tugas pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," sambung Moeldoko.

Moeldoko menilai pelayanan arus mudik dan balik selalu berorientasi pada evaluasi di tahun sebelumnya. Khususnya, dalam meningkatkan pelayanan kepada publik dari segi fasilitas dan keamanan moda transportasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini