Sukses

Arus Balik Terlihat di Kota Cirebon, 20.000 Lebih Pemudik Sepeda Motor Menuju Jakarta

Mayoritas pengendara sepeda motor tersebut merupakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan Kota Cirebon Jawa Barat mencatat bahwa arus balik terlihat di Kota Cirebon,. Sebanyak 22.636 unit sepeda motor melewati Simpang Pemuda Kota Cirebon dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta pada Minggu antara pukul 12.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta setelah libur Lebaran.

"Selama periode tersebut, rata-rata ada 6.070 sepeda motor yang melintas per jam," ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerangan Jalan Umum Dinas Perhubungan Cirebon, Suryagung Hermawan di Cirebon, Minggu (14/4/2024), seperti dilansir dari Antara.

Dari data yang ada, dapat diketahui bahwa mayoritas pengendara sepeda motor yang melintas tersebut merupakan pemudik asal Jakarta, yang dapat dilihat dari nomor polisi kendaraan mereka.

Selain sepeda motor, terdapat pula kendaraan lain yang melintas di persimpangan Cirebon pada periode yang sama. Total seluruh kendaraan yang melintas adalah sebanyak 25.349 unit. Dalam setiap jamnya, terdapat sekitar 6.792 kendaraan yang melintas di jalur tersebut.

Meskipun terjadi peningkatan jumlah kendaraan dan situasi jalan yang padat, arus balik pada hari tersebut masih berjalan lancar. Dinas Perhubungan Kota Cirebon telah melakukan sejumlah antisipasi, seperti mengatur buka tutup arus dan menutup jalur putar balik yang dapat menyebabkan kemacetan.

Kepala UPT Penerangan Jalan Umum Dinas Perhubungan Cirebon, Suryagung Hermawan, menyatakan bahwa jumlah kendaraan ini kemungkinan akan terus meningkat hingga esok hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arus Balik di Pantura Didominasi Sepeda Motor

Selain itu, pantauan dari daerah Pekalongan menuju Cirebon juga terlihat arus kendaraan dari Jawa Tengah menuju Jakarta didominasi oleh sepeda motor. Selain sepeda motor, terdapat juga kendaraan pribadi, bus, dan kendaraan lainnya yang melintasi jalur tersebut.

Pemudik ini memilih melalui jalur arteri di Pantai Utara Jawa (Pantura) untuk kembali ke Jabodetabek pasca libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini