Sukses

Rakornas Gekrafs ke-5: Pilpres dan Pileg Usai, Saatnya Bersatu Bangkitkan Ekonomi Kreatif Indonesia

Mengusung Tema Greeen Creative Economy, Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) akan menyelenggarakan Rakornas ke 5 sekaligus Silaturahmi Nasional Pelaku Ekraf di Hotel Sultan, Jakarta, 27 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Mengusung Tema Greeen Creative Economy, Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) akan menyelenggarakan Rakornas ke 5 sekaligus Silaturahmi Nasional Pelaku Ekraf di Hotel Sultan, Jakarta, 27 Maret 2024.

Akan hadir setidaknya perwakilan 34 DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) serta ratusan DPC Kab/Kota seluruh Indonesia yang mewakili para pelaku ekraf tanah air.

“Rakornas Gekrafs ke 5 ini selain mengusung ekonomi kreatif hijau, juga sebagai mementum persatuan pasca pileg dan pilpres. Kami mengajak semua stakeholder untuk kembali bersilaturahmi membangun ekonomi kreatif nasional," ujar Ketua Umum DPP Gekrafs, Kawendra dalam keterangannya.

Organisasi yang didirikan oleh Kawendra Lukistian, Yanti Adeni, Laja Lapian, Erwin Soerjadi dan Sandiaga Uno lima tahun lalu ini sudah banyak memberikan masukan dan gebrakan baik daerah, nasional maupun internasional.

Di antaranya 2023 lalu, Gekrafs bersatu padu bersama dengan pemerintah dan pelaku ekraf lainnya berhasil mewujudkan adanya Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) yang dikomandoi oleh Ferry Ardiansyah.

Temi Sumarlin sebagai Ketua Panitia Rakornas dan HUT Gekrafs ke 5 mengatakan bahwa tahun ini Gekrafs mengusung tema “Green Creative Economy for The Future” karena melihat potensi dan isu global dalam industri kreatif ke depan adalah isu keberlanjutan".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Sejumlah Tokoh

Acara yang berlangsung satu hari penuh ini menghadirkan juga tokoh-tokoh nasional seperti Donna Latief (Ketua Dewan Pakar DPP Gekrafs) dan juga Rosan Roeslani, Pengusaha Nasional dan dimeriahkan langsung oleh Band Jikustik.

Selanjutnya terdapat rangkaian acara talkshow dengan menghadirkan Dede Yusuf (Wakil Ketua Komisi X DPR RI), Zainal A. Paliwang (Gubernur Kalimantan Utara), Velix Vernando Wanggai (PJ Gubernur Papua Pegunungan), Billy Mambasar (Staf Ahli Presiden), serta Nihal Yazici (MUSIAD).

Agenda Rakornas Gekrafs akan mendengarkan pemapara langsung oleh Kawendra Lukistian selaku Ketua Umum DPP Gekrafs dan juga penyampaian dari perwakilan setiap provinsi mengenai perkembangan ekraf di daerahnya masing-masing.

Sederet public figur seperti Ivan Gunawan, Prilli Latuconsina, Tika Ramlan, Ifan Seventeen, Salsadila Juwita, Nabila Eks JKT48 dan lainnya akan turut hadir dalam kegiatan ini. Tidak lupa organisasi dan komunitas dari 17 sub sektor ekraf diundang dalam event skala nasional ini.

Acara akan ditutup oleh Sandiaga Uno (Menparekraf RI) sekaligus deklarasi “Gekrafs Kampus” sebagai bagian dari upaya Gekrafs dalam meningkatkan literasi, edukasi dan sosialisasi mengenai ekraf di kalangan anak muda serta menanamkan sejak dini bahwa Indonesia bisa menjadi pusat peradaban ekraf dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini