Sukses

Lewat Surat Resmi, Xi Jinping Sampaikan Selamat ke Prabowo Sebagai Presiden Terpilih

Presiden China Xi Jinping mengirimkam surat resmi berisi ucapan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia pada pemilihan presiden 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden China Xi Jinping mengirimkam surat resmi berisi ucapan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia pada pemilihan presiden 2024.

Ucapan dari Xi Jinping ini disampaikan melalui surat resmi yang diantar langsung oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, saat menemui Prabowo, Kamis (21/3) di Kementerian Pertahanan.

“Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Xi kepada Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024 itu seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (22/3/2024).

Xi mengatakan, China dan Indonesia adalah negara tetangga yang memiliki upaya bersama untuk mempercepat perkembangan hubungan bilateral, dengan prinsip saling percaya dan menguntungkan.

“Hubungan China dan Indonesia sangat penting. Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar,” ujar Xi.

“Saya berharap dapat bertemu dengan Anda secepatnya,” imbuh dia.

Xi pun mendoakan agar pada pemerintahan Prabowo nantinya Indonesia dapat senantiasa makmur dan berbahagia.

“Semoga negaramu menikmati kemakmuran dan rakyatnya berbahagia,” harap Xi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Presiden AS Joe Biden Kirim Surat ke Prabowo

Sebelumnya, hal senada juga pernah dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Namun saat itu, surat disampaikan ketika hasil pengumuman resmi dari KPU RI masih menghitung rekap suara nasional Pemilu 2024.

Joe mengucapkan selamat kepada calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto yang unggul dalam pemilihan presiden 2024. Ucapan itu disampaikan Biden melalui surat dengan kop resmi Gedung Putih, Washington, tertanggal 12 Maret 2024.

Mengutip siaran pers diterima, Surat itu diantar langsung kepada Prabowo oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN Yohannes Abraham, Kamis (14/3) ke kantor Prabowo di Kementerian Pertahanan.

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu – sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi – dan kepada Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya,” tulis Biden dalam surat itu.

Biden melanjutkan bahwa selama 75 tahun, Indonesia dan AS semakin terikat oleh nilai-nilai bersama serta visi demokrasi dan pluralistik bagi dunia.

“Bersama-sama, kita juga telah menjaga stabilitas internasional, termasuk mewujudkan masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman,” ajak Biden.

Biden dalam surat itu juga menyorot peran Prabowo sebagai Menteri Pertahanan saat ini yang menurutnya sangat penting bagi upaya ini.

“Kemitraan dengan Anda sebagai Menteri Pertahanan Indonesia sangatlah penting dalam upaya ini. Saya berharap dapat memperkuat hubungan negara kita lebih jauh lagi seiring kita terus menerapkan Comprehensive Strategic Partnership (Kemitraan Strategis Komprehensif) dan menjajaki bidang kerja sama baru,” sambungnya.

Adapun Biden menyampaikan doanya untuk Prabowo. Biden yakin ketika Indonesia dan AS bersatu, kedua negara akan menjadi lebih kuat dan dunia menjadi lebih aman.

“Mohon terimalah doa terbaik saya, dan semoga tahun-tahun mendatang senantiasa diwarnai dengan perdamaian, kemakmuran, dan kemajuan bagi masyarakat kedua negara kita,” Biden menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini