Sukses

Top 3 News: Disebut Kemenag Gagal Paham soal Speaker Saat Ramadhan, Ini Kata Gus Miftah

Pendakwah Gus Miftah menyarankan, demi syiar Ramadhan penggunaan speaker atau pengeras suara harus tetap ada demi mengembalikan suasana bulan puasa seperti pada zaman orang tua terdahulu. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pendakwah Gus Miftah menyarankan, demi syiar Ramadhan penggunaan speaker atau pengeras suara harus tetap ada demi mengembalikan suasana bulan puasa seperti pada zaman orang tua terdahulu. Itulah top 3 news hari ini.

Meski begitu, Gus Miftah mengatakan penggunaan pengeras suara harus memperhatikan lingkungan. Misalnya tidak meningkatkan volume pada malam hari. Gus Miftah menegaskan, tidak pernah menyinggung Kementerian Agama (Kemenag) soal edaran penggunaan pengeras suara.

Menurut Gus Miftah, pembatasan penggunaan pengeras suara atau speaker juga banyak diingatkan oleh para pemuka agama lain dan bukan hanya dari Menteri Agama (Menag).

Sementara itu, calon presiden (capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo memprediksi akan terjadi dinamika seru dan upaya menggemboskan hak angket DPR soal dugaan kecurangan pemilu beberapa waktu ke depan. Namun demikian, ia dan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md menyerahkan ke anggota DPR.

Ganjar berharap, partai koalisi Ganjar-Mahfud di parlemen komitmen dan solid untuk mengajukan hak angket.

Sedangkan cawapres Mahfud Md mengungkapkan bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah bersikap meneruskan pengajuan hak angket tentang dugaan kecurangan Pemilu 2024 dan juga gugatan sengketa Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait satu pesawat kargo milik maskapai penerbangan Smart Air dilaporkan hilang kontak Jumat pagi ini setelah lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) Jumat 8 Maret 2024 pada pukul 08.25 Wita tujuan Binuang, Krayan, Nunukan dan harusnya tiba pukul 09.25 Wita.

Basarnas pun melakukan koordinasi dengan Airnav, Bandara, MAF, Polri, dan instansi terkait lainnya. Mereka juga melakukan floating area guna menentukan arah dan lokasi.

Tim SAR gabungan pun akhirnya berhasil menemukan titik lokasi jatuhnya pesawat kargo Smart Air. Lokasi jatuhnya pesawat tersebut ditemukan setelah proses pencarian yang memasuki hari kedua, sejak hilang kontak pada Jumat 8 Maret 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 12 Maret 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Disebut Kemenag Gagal Paham soal Speaker Saat Ramadhan, Ini Kata Gus Miftah

Pendakwah Gus Miftah menyarankan, demi syiar Ramadhan penggunaan speaker atau pengeras suara harus tetap ada demi mengembalikan suasana bulan puasa seperti pada zaman orang tua terdahulu.

"Kemeriahan Ramadhan itu harus dikembalikan seperti masa kecil orang tua kita dulu, jadi nuansa Ramadhan itu terasa," tutur pria bernama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman seperti dikutip dari siaran pers diterima, Selasa 12 Maret 2024.

Meski begitu, Gus Miftah mengatakan penggunaan pengeras suara harus memperhatikan lingkungan. Misalnya tidak meningkatkan volume pada malam hari.

"Ya tapi tetap semua harus ada batasnya dalam penggunaan speaker, katakanlah sampai jam 10 malam pakai speaker luar," kata dia.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Hak Angket DPR, Ganjar Sebut Akan Ada Dinamika Seru

Calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo memprediksi akan terjadi dinamika seru dan upaya menggemboskan hak angket DPR soal dugaan kecurangan pemilu beberapa waktu ke depan. Namun demikian, ia dan cawapres Mahfud Md menyerahkan ke anggota DPR.

"Oiya pasti dinamikanya akan berjalan terus menerus, maka kalau seperti Pak Mahfud bilang tadi biarkan itu dinamika yang terjadi di parlemen, kalau saya dan Pak Mahfud kan prinsipal, tidak boleh ikut-ikut di sana kita bukan anggota parlemen," kata Ganjar dalam rekaman video yang diterima, Selasa 12 Maret 2024.

Ganjar berharap, partai koalisi Ganjar-Mahfud di parlemen komitmen dan solid untuk mengajukan hak angket.

"Tapi dinamikanya pasti akan seru lah, maka sekarang kita perlu komitmen kawan-kawan di parlemen untuk bisa ngegolkan ini dan yang tidak bersalah tidak perlu takut," pungkas Ganjar.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Lima Fakta Terkait Pesawat Kargo Smart Air Jatuh di Tarakan Kaltara, Seluruh Korban Berhasil Dievakuasi

Satu pesawat kargo milik maskapai penerbangan Smart Air dilaporkan hilang kontak Jumat pagi ini setelah lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) Jumat 8 Maret 2024 pada pukul 08.25 Wita tujuan Binuang, Krayan, Nunukan dan harusnya tiba pukul 09.25 Wita.

Basarnas pun melakukan koordinasi dengan Airnav, Bandara, MAF, Polri, dan instansi terkait lainnya. Mereka juga melakukan floating area guna menentukan arah dan lokasi.

Dalam pesawat tersebut diawaki oleh satu orang Pilot, Capt M Yusuf serta satu orang Engineer on Board (EOB), Deni S. Tercatat pesawat Smart Air tersebut membawa muatan kargo dengan berat total 583 kilogram.

"Informasinya pesawat yang antar sembako dari Tarakan berangkat jam 08.25 Wita seharusnya jam 09.25 Wita sudah sampai di Binuang. Sampai sekarang belum ada pesawatnya," kata Kapolsek Krayan Selatan dan Tengah Ipda Andi Irwan, dilansir Antara, Jumat 8 Maret 2024.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.