Sukses

Top 3 News: KPK Akan Minta Klarifikasi Menteri Investasi Bahlil Terkait Izin Tambang Nikel di Malut

KPK mengaku akan meminta klarifikasi terhadap Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia terkait proses perizinan pertambangan nikel di Maluku Utara (Malut). Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan meminta klarifikasi terhadap Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia terkait proses perizinan pertambangan nikel di Maluku Utara (Malut). Itulah top 3 news hari ini.

Hal itu buntut desakan Anggota Komisi VII DPR, Mulyanto yang meminta lembaga antirasuah itu memeriksa Bahlil Lahadalia dalam kapasitasnya sebagai Kepala Satuan Tugas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi.

Menurut Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, rencana tersebut akan diawali dengan koordinasi antara penyidik bersama Kementerian Investasi/BKPM agar proses itu dapat terlaksana.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak mau ikut campur soal isu meroketnya suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam beberapa hari terakhir.

Meroketnya suara PSI tersebut diduga terjadi secara anomali karena dinilai meningkat drastis. Jokowi menilai hal tersebut adalah urusan partai dan lebih cocok ditanyakan kepada penyelenggara pemilu.

Sebelumnya diberitakan, melonjaknya suara PSI diklaim Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie bersumber dari kantong-kantong pemilih Jokowi yang baru terakumulasi ke sistem perhitungan real count KPU.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait pada 2024 ini, sejumlah kementerian kembali mengadakan program mudik gratis. Salah satunya ada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang pada Senin 4 Maret 2024 membuka pendaftaran Mudik Gratis 2024.

Pendaftaran ini akan berlangsung hingga 18 April 2024. Tak hanya itu, untuk pengangkutan kendaraan mudik motor gratis akan dimulai pada 2-8 April 2024.

Sementara untuk pengangkutan arus balik dilakukan pada 13-19 April 2024. Masyarakat bisa mendaftar mudik gratis Lebaran 2024 melalui website resmi yakni mudikgratis.dephub.go.id.

Tak hanya Kemenhub, Kementerian BUMN juga turut memeriahkan program Mudik Gratis 2024. Melalui program Mudik Asyik Bersama BUMN seperti yang disampaikan IFG, total disiapkan kuota untuk 80.215 pemudik dengan berbagai moda transportasi.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 4 Maret 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. KPK Akan Minta Klarifikasi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia Terkait Izin Tambang Nikel di Malut

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku akan meminta klarifikasi terhadap Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia terkait proses perizinan pertambangan nikel di Maluku Utara (Malut).

Hal itu buntut desakan Anggota Komisi VII DPR, Mulyanto, yang meminta lembaga antirasuah itu memeriksa Bahlil dalam kapasitasnya sebagai Kepala Satuan Tugas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi.

"KPK mencermati informasi yang disampaikan masyarakat atau laporan investigasi majalah Tempo. KPK akan mempelajari informasi tersebut dan melakukan klarifikasi kepada para pihak yang dilaporkan mengetahui atau terlibat dalam proses perizinan tambang nikel," tutur Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat dikonfirmasi, Senin, 4 Maret 2024.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Suara PSI Meroket Secara Anomali, Ini Kata Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak mau ikut campur soal isu meroketnya suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam beberapa hari terakhir.

Meroketnya suara tersebut diduga terjadi secara anomali karena dinilai meningkat drastis. Dia menilai hal tersebut adalah urusan partai dan lebih cocok ditanyakan kepada penyelenggara pemilu.

"Itu urusan partai tanyakan ke partai, tanyakan ke KPU,” singkat Jokowi saat ditanya awal media di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin, 4 Maret 2024.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tujuh Perusahaan BUMN hingga Kementerian yang Siapkan Program Mudik Gratis 2024

Pada 2024 ini, sejumlah kementerian kembali mengadakan program Mudik Gratis. Salah satunya ada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang pada Senin, 4 Maret 2024, membuka pendaftaran Mudik Gratis 2024.

Pendaftaran ini akan berlangsung hingga 18 April 2024. Tak hanya itu, untuk pengangkutan kendaraan mudik motor gratis akan dimulai pada 2-8 April 2024. Sementara untuk pengangkutan arus balik dilakukan pada 13-19 April 2024.

Masyarakat bisa mendaftar mudik gratis Lebaran 2024 melalui website resmi yakni mudikgratis.dephub.go.id.

Tak hanya Kemenhub, Kementerian BUMN juga turut memeriahkan program Mudik Gratis 2024. Melalui program Mudik Asyik Bersama BUMN seperti yang disampaikan IFG, total disiapkan kuota untuk 80.215 pemudik dengan berbagai moda transportasi.

"BUMN akan mengakomodasi 55.607 pemudik menggunakan 1.225 bus," mengutip dari akun Instagram @indonesiafinancialgroup, Minggu, 3 Maret 2024.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.