Sukses

Menlu Retno Marsudi Jawab Isu Akan Mundur dari Kabinet Jokowi

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menjawab isu yang menyebut dirinya akan mundur dari kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menjawab isu yang menyebut dirinya akan mundur dari kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Retno mengatakan dirinya bekerja dan menjalankan tugas-tugasnya sebagai Menlu.

Dia pun lantas bertanya kepada awak media apakah mempercayai isu tersebut. Pasalnya, Retno mengaku dirinya masih intens dan berkomitmen menjakankan tugas.

"Percaya enggak? Sekarang aku tanya percaya enggak? Dengan intensitas saya bekerja seperti ini, percaya enggak?" kata Retno usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Saat ditanya apakah hal ini menandakan dirinya membantah isu mundur dari kabinet, Retno menegaskan berkomitmen menjalankan tugas.

"Makanya aku tanya dengan intensitas pekerjaan saya seperti ini, komitmen untuk bekerja kira-kira, percaya enggak?" tuturnya.

Retno menyebut kabinet Jokowi saat ini solid dan baik-baik saja. Dia mengaku berkomunikasi dengan baik dengan para menteri lainnya.

"Kabinet baik-baik saja. Solid. Saya berkomunikasi baik dengan semuanya," jelas Retno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diungkapkan Faisal Basri

Adapun kabar mengenai rencana mundurnya beberapa menteri pertama kali diutarakan oleh ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri, pertengahan Januari lalu.

Menurut dia, alasan rencana mundurnya sejumlah menteri seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono karena mereka merasa tidak nyaman dengan Jokowi, berkaitan dengan pemilu 2024.

Isu mundurnya Menlu Retno semakin santer ketika Presiden Jokowi menunjuk Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Luar Negeri ad interim pada 21-22 Januari 2024.

Penunjukan Budi Arie sebagai menlu ad interim dikarenakan Retno harus melakukan perjalanan ke New York, AS untuk menghadiri debat Dewan Keamanan PBB mengenai Palestina, sementara pada saat yang bersamaan Wamenlu Nugraha Mansury juga sedang berada di Kampala, Uganda guna menghadiri KTT ke-19 Gerakan Non Blok.

Namun, pihak Istana Kepresidenan RI membantah isu tersebut dengan menegaskan seluruh menteri kabinet Jokowi tetap solid menjelang pemilu 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Retno Marsudi kini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Kerja Joko Widodo
    Retno Marsudi kini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Kerja Joko Widodo

    Retno Marsudi

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi