Sukses

3 Fakta Terkait Kades Gunung Menyan Wiwin Komalasari yang Viral karena Ikut Demo UU Desa

Salah satu peserta demo UU Desa pada Rabu 31 Januari 2024 lalu di depan Gedung DPR RI yang menarik perhatian hingga viral di sosial media adalah Kades Gunung Menyan bernama Wiwin Komalasari.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Rabu 31 Januari 2024 lalu, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menggelar aksi demonstrasi (demo) di depan Gedung DPR RI di kawasan Senayan, Jakarta.

Salah satu peserta demo yang menarik perhatian dalam aksi tersebut adalah Wiwin Komalasari, salah seorang Kepala Desa atau Kades Gunung Menyan, Kecamatan Pamijihan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Viral Kades Wiwin di media sosial karena penampilannya yang dinilai cetar. Videonya beredar luas dan salah satunya dibagikan dalam akun Instagram @kegblgnunfaedah. Ia juga disorot karena memakai kacamata dari brand mewah Louis Vuitton.

Aksinya di depan Gedung DPR RI tersebut demi menuntut perpanjangan masa kepemimpinan. Mengingat, adanya Revisi Undang-Undang Desa yang sudah disahkan oleh DPR RI.

Unjuk rasa yang dilakukan Apdesi ini ditujukan untuk menuntut pengesahan revisi UU Nomor 6 Tahun 2014, mengenai kelembagaan Desa/Desa Adat, yakni lembaga Pemerintahan Desa/Desa Adat yang terdiri atas Pemerintah Desa/Desa Adat dan Badan Permusyawaratan Desa/Desa Adat, Lembaga Kemasyarakatan Desa, dan lembaga adat.

Lebih lanjut, revisi regulasi tersebut mencakup perpanjangan masa jabatan kepala desa dan perubahan porsi dana desa dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara tahun 2024 ini.

Dengan mengenakan outfit dan aksesori yang mentereng di tubuhnya, membuat penampilan Kades Gunung Menyan, Wiwin Komalasari ramai jadi bahan pembicaraan. Dia menjadi sasaran kritik karena terlihat hidup hedon dengan segala kemewahan yang dimilikinya.

Warganet yang penasaran mulai mengintip media sosial milik Wiwin. Berbagai unggahan di akun TikTok @ratuwk1414. semakin memperlihatkan gaya glamor Wiwin.

Dalam sebuah video yang diunggah pada 25 Januari 2024, ia terlihat memiliki koleksi tas mewah yang tertata rapi dalam satu lemari. Ada banyak tas branded di lemari tersebut, salah satunya Hermes. Hal ini terlihat dari banyaknya tumpukan kardus berwarna oranye berjajar rapi di atas lemari.

Berikut sederet fakta viral Kades Gunung Menyan, Wiwin Komalasari yang viral jadi bahan perbincangan publik usai demo Apdesi pada Rabu 31 Januari 2024 lalu di depan Gedung DPR RI di kawasan Senayan, Jakarta dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Viral di Sosial Media, Penampilannya Cetar

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menggelar aksi demonstrasi (demo) di depan Gedung DPR RI di kawasan Senayan, Jakarta pada Rabu, 31 Januari 2024.

Salah satu peserta demo yang menarik perhatian dalam aksi tersebut adalah Wiwin Komalasari, salah seorang kepala desa (kades) di Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Wiwin atau sering disebut Kades Wiwin jadi sorotan dan viral di media sosial karena penampilannya yang dinilai cetar. Videonya beredar luas dan salah satunya dibagikan di akun Instagram @kegblgnunfaedah. Ia juga disorot karena memakai kacamata dari brand mewah Louis Vuitton.

Aksinya di depan Gedung DPR RI demi menuntut perpanjangan masa kepemimpinan. Mengingat, adanya Revisi Undang-Undang Desa yang sudah disahkan oleh DPR RI. Dengan mengenakan outfit dan aksesori yang mentereng di tubuhnya membuat penampilan Kepala Desa ini ramai jadi bahan pembicaraan.

Ia merupakan Kepala Desa Gunung Menyan, Kecamatan Pamijihan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kades Wiwin menjadi sasaran kritik karena terlihat hidup hedon dengan segala kemewahan yang dimilikinya.

 

3 dari 4 halaman

2. Terpantau Miliki Puluhan Tas Mewah

Warganet yang penasaran mulai mengintip media sosial milik Wiwin. Berbagai unggahan di akun TikTok @ratuwk1414. semakin memperlihatkan gaya glamor Wiwin.

Dalam sebuah video yang diunggah pada 25 Januari 2024, ia terlihat memiliki koleksi tas mewah yang tertata rapi dalam satu lemari. Ada banyak tas branded di lemari tersebut, salah satunya Hermes. Hal ini terlihat dari banyaknya tumpukan kardus berwarna oranye berjajar rapi di atas lemari.

Koleksi tas Kades Wiwin juga dibagikan akun TikTok @weichen140916. Dalam sebuah video ia sempat memamerkan rumah dan koleksi tas mewahnya. Awalnya, seorang warganet memintanya untuk memperlihatkan koleksi tas-tas mewah yang disimpan di dalam sebuah lemari kaca.

Ia pun membuka lemari dan memamerkan beberapa koleksi tas miliknya. Dalam video, tampak Wiwin Komalasari memiliki puluhan tas mewah dari brand fesyen ternama dunia yang ditata rapi di dalam sebuah lemari kaca.

Tak hanya itu, ia juga memamerkan rumah mewahnya, koleksi jam tangan dan perhiasan. Kades Wiwin ternyata cukup sering mengunggah konten gaya hidup mewah. Di salah satu unggahannya, ia menunjukkan kegiatan bermain golf.

Kades Wiwin Komalasari juga pernah memamerkan foto-foto masa mudanya sebelum menjabat sebagai kepala desa. Dari video-video tersebut, dirinya sepertinya memang sudah kaya sebelum menjadi kades. Ia tampak berpose di depan mobil Mercedes Benz, dan liburan ke luar negeri.

 

4 dari 4 halaman

3. Miliki Beragam Gaya Hijab

Selain punya banyak tas mewah yang tak diketahui apakah memang asli, salah satu yang ikut disorot adalah gayanya berhijab. Dalam beberapa video terbaru, Kades Wiwin mengunggah video saat ia Lip sync menyanyikan lagu lama milik penyanyi Anggun.

Kala itu ia memakai hijab hitam yang tersampir hingga leher. Hijab tersebut dipadukan dengan busana warna senada hitam yang penuh dengan emblishment yang terlihat glamor.

Lalu, tampak sedang berada di ruang tamu rumahnya, di video lainnya sang kades mengunggah juga beberapa video saat lip sync lagu dangdut. Kali itu ia memakai kerudung bermotif dengan nada cerah yang abstrak.

Kerudung yang kali itu menutup sampai dada, dipadukan kembali dengan atasan hitam. Dalam video Kades Wiwin juga tampak memakai riasan cukup tebal, tapi terlihat pula bahwa ia memakai filter kamera yang ada di TikTok.

Dengan background ruangan penuh dengan pajangan guci besar, tak hanya satu atau dua lagu yang ia nyanyikan. Seringkali ia menampakan ekspresi yang menggambarkan lirik lagu yang ia ikuti.

Kemudian, tengan tampilan coat bernada cokelat, sang kades juga mengunggah video lainnya saat sedang lip sync. Bahkan ia ikut berjoged dengan lagu tersebut. Yang menarik perhatian adalah penggunaan hijab motif macan tutul sehingga membuatnya tampak cetar.

Selain itu, dalam sebuah kunjungan kerja ke sebuah lokasi terpencil di Bandung, Kades Wiwin tampak memakai hijab instant. Dengan inner penutup kepala warna hitam yang terlihat, ia juga memakai kaca mata.

"Saya lagi ada di Pasar gembrong di Garut," ujarnya menyapa para pengikutnya di TikTok pada 29 Januari 2024.

Lalu ia menyapa warga di sana, ternyata lokasi tersebut adalah CFD Rancabango. Warga tersebut memberi tahu kalau mereka sedang berjualan, salah satunya menjual sate jebret yang satu porsinya dijual seharga Rp5.000.

"Jangan lupa kalau ke Garut beli sate jebret ini," saran Kades Wiwin.

"Enak banget," katanya lagi.

Sebenarnya tak hanya kali itu saja Kades Wiwin memakai hijab instan. Tampaknya ia ingin lebih ringkas sehingga memakai jenis penutup tersebut yang warnanya juga senada dengan seragam dinas ASN senada cokelat.

Di kesempatan lainnya, Kades Wiwin juga terlihat glamor menggunakan hijab berlogo merek ternama Chanel. Tapi lagi-lagi tak diketahui apakah scarf tersebut asli keluaran brand tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.