Sukses

Jokowi Enggan Beri Penilaian soal Debat Keempat Cawapres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan kembali menilai soal debat Pilpres keempat yang mempertemukan kandidat calon wakil presiden pada Minggu (21/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan kembali menilai soal debat Pilpres keempat yang mempertemukan kandidat calon wakil presiden pada Minggu (21/1). Menurut dia, berdasarkan pengalaman sebelumnya, komentar Jokowi saat debat Pilpres menjadi ramai menjadi perbincangan.

“Saya tidak mau menilai lagi,” kata Jokowi di Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Dia khawatir jika kembali memberikan penilaian terkait debat cawapres, akan terjadi perdebatan selanjutnya di ranah publik.

“Menilai-nilai nanti jadi debat kedua lagi,” jawab presiden.

Sebagai pengingat, pasca debat ketiga Pilpres diketahui Jokowi memberikan penilaian pribadinya. Dia menyebut, debat kurang menonjolkan visi misi dan terlalu menyerang personal.

Karenanya, Jokowi menyarankan KPU RI untuk memperbaiki format debat agar publik dapat mendengar gagasan para kandidat calon presiden dan wakil presiden.

“Debatnya memang perlu diformat lebih baik lagi, ada rambu sehingga hidup, saling menyerang tidak apa-apa tapi kebijakan, policy, visinya yang diserang bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif personal,” minta presiden. 

Namun demikian, penilaian Jokowi ditanggapi beragam. Sebagian menilai pernyataan Jokowi adalah bentuk keberpihakan negara dan tidak netral dalam proses Pemilu 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tema Debat Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat keempat Pilpres 2024. Debat kali ini mengangkat tema energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

KPU juga menetapkan lokasi debat sesi keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat Pilpres untuk kandidat Cawapres kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

"Yang jelas debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari akan dilaksanakan di JCC. Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena avalailability tersedia," kata Komisioner KPU RI August Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada Senin 15 Januari 2024.

"Kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini