Sukses

Top 3 News: Lisa Rumbewas Meninggal Dunia, Jokowi Sebut Indonesia Kehilangan Satu Putri Terbaik Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya lifter putri legendaris Tanah Air, Lisa Rumbewas, Minggu 14 Januari 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya lifter putri legendaris Tanah Air, Lisa Rumbewas, Minggu 14 Januari 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia kehilangan salah satu putri terbaik dan insan olahraga yang terus mengukir prestasi. Menurut dia, Lisa telah membawa nama baik Indonesia dengan sejumlah prestasi yang sangat membanggakan.

Lisa Rumbewas adalah sosok peraih medali di tiga Olimpiade berbeda yakni, perak di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004, serta perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

Sementara itu, gempa kembali terjadi di wilayah Indonesia. Berdasar laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada pukul 18.20 WIB, gempa tersebut terjadi di Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Minggu 14 Januari 2024.

Saat gempa terjadi, getarannya bahkan terasa hingga wilayah Bogor dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity). Ada pun lindu terjadi pada pukul 03:13:37 WIB.

Menurut catatan BMKG, bahwa gempa Sukabumi terjadi di darat dengan kedalaman 5 kilometer dengan magnitudo 3,5.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Dana Bantuan Operasional Sekolah (Dana BOS) pada Madrasah dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Raudlatul Athfal (BOP RA) Tahap I 2024 yang sudah cair.

Total dana BOS Madrasah dan BOP RA yang cair dari pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) ini mencapai Rp4,385 triliun.

Penegasan ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag M Ali Ramdhani. Pihaknya telah menerbitkan surat edaran kepada seluruh Kepala Kantor Wilayah Kemenag agar mensosialisasikan pencairan Dana BOS Madrasah dan BOP RA ini kepada para pemangku kebijakan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 14 Januari 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Lisa Rumbewas Meninggal Dunia, Jokowi: Indonesia Kehilangan Satu Putri Terbaik Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya lifter putri legendaris Tanah Air, Lisa Rumbewas, Minggu 14 Januari 2024.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia kehilangan salah satu putri terbaik dan insan olahraga yang terus mengukir prestasi.

"Indonesia kehilangan salah satu putri terbaik bangsa. Insan olahraga yang tanpa henti berkomitmen dan mengukir sejarah untuk negeri ini," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Minggu 14 Januari 2024.

Menurut Jokowi, Lisa telah membawa nama baik Indonesia dengan sejumlah prestasi yang sangat membanggakan.

Lisa Rumbewas adalah sosok peraih medali di tiga Olimpiade berbeda yakni, perak di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004, serta perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa Guncang Sukabumi Terasa hingga Bogor Hari Ini Minggu 14 Januari 2024

Gempa kembali terjadi di wilayah Indonesia. Berdasar laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada pukul 18.20 WIB, gempa tersebut terjadi di Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Minggu 14 Januari 2024.

Saat gempa terjadi, getarannya bahkan terasa hingga wilayah Bogor dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity). Ada pun lindu terjadi pada pukul 03:13:37 WIB. 

Menurut catatan BMKG, bahwa gempa Sukabumi terjadi di darat dengan kedalaman 5 kilometer dengan magnitudo 3,5.

"Pusat gempa berada di darat 26 km Utara Kabupaten Sukabumi," jelas BMKG dilaman resminya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kado Awal 2024, Dana BOS Madrasah dan BOP RA Rp4,385 Triliun dari Kemenag Cair

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Raudlatul Athfal (BOP RA) Tahap I 2024 sudah cair.

Total dana BOS Madrasah dan BOP RA yang cair dari pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) ini mencapai Rp4,385 triliun.

Penegasan ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag, M Ali Ramdhani.

Pihaknya telah menerbitkan surat edaran kepada seluruh Kepala Kantor Wilayah Kemenag agar mensosialisasikan pencairan Dana BOS Madrasah dan BOP RA ini kepada para pemangku kebijakan.

"Mereka harus memahami dan memedomani Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) RA dan BOS pada Madrasah," kata M Ali Ramdhani dalam keterangan tertulis, Minggu 14 Januari 2024.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.