Sukses

Anies Akui Senang Ganjar-Mahfud Ikuti Metode Sapa Warga Lewat Live TikTok: Perubahan Banyak Diikuti

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengaku senang caranya menyapa warga lewat live TikTok beberapa waktu terakhir juga diikuti capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengaku senang caranya menyapa warga lewat live TikTok beberapa waktu terakhir juga diikuti capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Menurut Anies, perubahan yang ia dan Cak Imin usung memang banyak diikuti akhir-akhir ini. Dia berujar, lewat cara itu para paslon peserta Pilpres 2024 dapat lebih leluasa berdiskusi dengan masyarakat secara luas.

"Kami bersyukur sekali perubahan sedikit demi sedikit yang kita lakukan makin banyak yang ikut. Kan tujuan apa? Memperbanyak dialog perbanyak diskusi," kata Anies ditemui usai acara 'Resolusi Indonesia' di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Jumat malam, 5 Januari 2024.

Anies menyampaikan, media sosial memang harus digunakan lebih banyak untuk berinteraksi dengan masyarakat sebagai pemilih. Dengan begitu, kata Anies masyarakat bisa berdialog dan menilai pemimpin sebelum memberikan hak pilih.

"Berarti warga Indonesia semakin banyak kesempatan untuk mengetahui semakin banyak kesempatan dialog bagus dong. Jadi itu kesempatan bagi masyarakat untuk bisa berinteraksi langsung," kata dia.

Diketahui, Capres nomor urut satu Anies Baswedan sebelumnya melakukan live di TikTok dalam perjalanan daratnya di beberapa lokasi di Jawa Timur pada Kamis (28/12/2024). Bahkan, live mantan gubernur DKI Jakarta itu ditonton hingga 300 ribu netizen.

Kemudian, disusul Cawapres nomor urut tiga Mahfud Md yang juga melakukan siaran langsung di TikTok pada 31 Desember 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Bermaksud Ikut-Ikutan

Mahfud pun menegaskan bahwa dirinya sudah lama bermain TikTok. Hal itu disampaikan Mahfud untuk membantah anggapan dirinya ikut-ikutan Anies Baswedan melakukan live TikTok.

"Enggak. Saya sudah lama kan main-main begitu. Cuma kebetulan momentumnya ada, lalu teman-teman ngajak, yok. Gitu-gitu aja," kata Mahfud kepada wartawan di Taman Makan Bung Hatta, Jakarta, Selasa (2/1/2024).

Mahfud justru mengaku tidak tahu jika capres Anies Baswedan melakukan live di TikTok. Oleh karena itu, Mahfud kembali menegaskan bahwa tak ada niat untuk mengikuti jejak Anies live di TikTok.

Bahkan, sampai saat ini, Mahfud pun masih aktif bermain TikTok. Terbaru, Mahfud melakukan live TikTok dan Instagram pada Selasa, 2 Januari 2024.

3 dari 4 halaman

Anies dan Mahfud Live Tik Tok, TKN: Kalau Gibran Streaming Mobile Legend Calon Lain Enggak Bisa

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menanggapi santai dengan ramainya aksi Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan cawapres nomor urut 3 Mahfud Md yang sempat melakukan siaran langsung di aplikasi TikTok.

“Ah, biarin sajalah. Ada ahlinya kalau live tiktok biarin saja,” Jubir TKN Prabowo-Gibran, Hasan Nasbi kepada awak media, di Rumah Besar Relawan, di Jakarta Barat, Kamis (4/1).

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk kampanye secara digital tidak harus langsung mengikuti tren live Tik Tok. Bahkan, Ia sempat berkelakar soal kemungkinan Cawapres Gibran Rakabuming Raka mulai live streaming game online Mobile Legend (ML).

Hal itu menyusul soal kesukaan Gibran yang memang diketahui suka bermain game, salah satunya Mobile Legend (ML). Sebagai salah satu game yang banyak dimainkan di Indonesia.

“Kan bisa cara macam-macam, ada cara lain pasti. Mas Gibran sangat dekat dengan Gen Z kan. Kalau nanti mas Gibran mau main mobile legend streaming. Calon lain enggak bisa,” ujarnya.

Pernyataan itu disampaikan Hasan, supaya menegaskan kalau kampanye digital bisa dilakukan berbagai media. Sehingga, pihaknya akan dengan cermat memanfaatkan potensi kampanye digital yang ada untuk pasangan Prabowo -Gibran.

“Tapi kan itu salah satu contoh maksud saya. Jadi gak semua harus diikuti, ya kalau Anies berbakat disana bagus. Artinya punya chanel untuk mendekati masyarakat,” ujarnya.

“Nah Pak Prabowo mungkin punya channel lain untuk mendekati masyarakat. Bukan berarti gak ada, bisa saja ada rencana tapi kan kita melihat belum ada urgensinya sekarang,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Kampanye Digital

Sehingga, Hasan pun menjelaskan kalau pihaknya saat ini proses kampanye digital dilakukan dengan memanfaatkan segala sisi. Tidak hanya terpaku kepada Prabowo maupun Gibran sebagai aktor utamanya.

“Kan banyak sudah banyak, tim Fanta kreatif kan buat macam yang kantornya di ponogoro sana buat macam-macam. Jadi lininya tidak hanya satu. Aktornya juga bukan hanya Pak Prabowo. Kan banyak timnya. Jadi banyak sekali lini lah. Ada tim Bravo, Alpha, yang kerja di masyarakat. Jadi banyak sekali lini lah,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini