Sukses

Satpol PP Kerahkan 1.640 Personel Amankan Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengerahkan 1.640 orang personel untuk mengamankan perayaan malam tahun baru 2024 di Jakarta, Minggu (31/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengerahkan 1.640 orang personel untuk mengamankan perayaan malam tahun baru 2024 di Jakarta, Minggu (31/12/2023).

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, sebanyak 930 personel akan mengamankan acara Malam Muda Mudi di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin.

Sementara itu, sebanyak 360 personel Satpol PP lainnya mengamankan acara hiburan tahun baru 2024 di tingkat kota/kabupaten administrasi Jakarta. Lalu, 350 personel akan mengamankan ruang publik pada libur tahun baru 1 Januari 2024.

"Jajaran Satpol PP Provinsi DKI Jakarta akan mengendalikan ketenteraman dan ketertiban umum pada perayaan malam tahun baru 2024 di titik-titik ruang publik," kata Syafrin dalam keterangan tertulis, diterima Minggu (30/12/2023).

"Kami akan berupaya meminimalisir potensi pelanggaran Peraturan Daerah (Perda), seperti antisipasi terhadap adanya Pedagang Kecil Mandiri (PKM) dan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS)," ucap Arifin.

Selain itu, Satpol PP DKI Jakarta juga akan menyiapkan 56 pos pengamanan dan pengaduan masyarakat di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin untuk pengaduan. Warga bisa datang ke pos ini apabila salah satu anggota keluarga terpisah atau ada kehilangan barang berharga lainnya.

"Kami selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga dan mengamankan seluruh kegiatan di malam tahun baru. Kami berharap masyarakat dapat mematuhi aturan-aturan yang berlaku," kata Arifin.

Lebih lanjut, kata Arifin, sebagai antisipasi perkembangan kasus Covid-19 di DKI Jakarta, masyarakat diminta untuk kembali menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warga Diminta Tidak Main Petasan saat Malam Tahun Baru

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) mengimbau masyarakat melakukan langkah antisipasi kebakaran saat merayakan malam pergantian tahun pada Minggu (31/12/2023).

Masyarakat diminta tidak bermain petasan saat merayakan malam tahun baru. Selain itu, masyarakat juga harus memastikan sumber api telah padam saat hendak menghabiskan malam pergantian tahun di luar rumah.

"Memastikan meninggalkan rumah dalam kondisi aman dengan cara mematikan steker listrik, kompor dan mencabut regulator gas, untuk antisipasi munculnya bahaya kebakaran," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, dalam keterangan tertulis, Minggu (31/12/2023).

Tak hanya itu, Satriadi mengingatkan agar masyarakat tidak membakar sampah sembarangan. Hal tersebut ditakutkan dapat menyulut kebakaran pada benda lainnya yang mudah terbakar.

"Lalu tidak membakar sampah atau material mudah terbakar lainnya. Juga perhatikan api saat menggunakan alat memasak," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Rayakan Malam Tahun Baru, Pemprov Jakarta Gelar Car Free Night dengan 11 Panggung Hiburan

Dalam rangka menyambut tahun baru 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan berbagai acara menarik bertema 'Festival Malam Muda-Mudi, Jakarta Kota Global' pada 31 Desember 2023 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Ada 11 panggung hiburan yang tersebar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Adapun puncak perayaan pergantian tahun bakal berlangsung di panggung utama Bundaran Hotel Indonesia (HI) dengan berbagai penampilan artis-artis ibu kota.

Festival Malam Muda Mudi ini akan mengusung konsep Car Free Night (CFN) atau malam bebas kendaraan bermotor.

Akan ada berbagai kegiatan seperti Gemilang Silang Monas, video mapping, panggung hiburan, serta parade Jakarnaval yang akan menampilkan IP-Based Character. 

Pemprov DKI Jakarta pun mengimbau warga menggunakan transportasi umum saat berkunjung ke lokasi yang menjadi titik perayaan tahun baru 2024 di Jakarta, termasuk kawasan Sudirman-Thamrin.

"Kami mengimbau warga untuk menggunakan angkutan umum saat menuju lokasi-lokasi kegiatan acara. Terkait hal itu, kami telah bersinergi dengan penyelenggara transportasi umum di Jakarta seperti BUMD bidang transportasi agar mobilitas warga lebih mudah," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, dikutip dari Antara Minggu (31/12/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.