Sukses

Jokowi, Mahfud Md, hingga Prabowo Hadiri Perayaan Natal Nasional di Surabaya

Kedatangan Jokowi disambut meriah oleh para jemaat yang hadir. Jokowi menyapa dan meladeni para jemaat yang ingin berfoto bersama. Hal yang sama juga dilakukan Prabowo dan Mahfud Md.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menghadiri Perayaan Natal Nasional 2023 yang digelar di Gereja Bethany Nginden, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023). Jokowi tampak didampingi sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di Gereja Bethany pukul 18.40 WIB. Para menteri yang ikut hadir antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Kemudian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Jokowi dan para menteri kompak memakai batik bercorak hijau dan cokelat.

Kedatangan Jokowi disambut meriah oleh para jemaat yang hadir. Jokowi menyapa dan meladeni para jemaat yang ingin berfoto bersama. Hal yang sama juga dilakukan Prabowo.

Jokowi lalu menyalami tokoh agama yang hadir dalam acara tersebut. Dia kemudian duduk satu baris dengan Prabowo dan Mahfud Md.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan perayaan Natal Nasional 2023 menggaungkan kerukunan dan panggilan untuk memelihara perdamaian bagi umat beragama di Indonesia.

"Kami berharap agar kabar suka cita sekaligus panggilan untuk memelihara perdamaian dan kerukunan terus digaungkan dalam kehidupan umat beragama di Indonesia," ucap Menkominfo Budi Arie dalam konferensi pers Ibadah Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Tema perayaan Natal Nasional 2023 yang diselenggarakan di Gereja Bethany Nginden, Surabaya, adalah "Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi", yang diharapkan dapat mengeratkan kembali kerukunan dan semangat umat beragama dan keberagaman yang telah terjalin.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak ada Tendensi Politik dalam Perayaan Natal

Semangat kebersamaan juga terlihat dalam kerja sama lintas kementerian seperti Kementerian Agama dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; lintas lembaga; dan juga lintas agama demi mewujudkan perayaan Natal Nasional 2023.

Selain diadakan di Surabaya, perayaan Natal Nasional 2023 juga ditayangkan secara langsung di empat saluran TV nasional dan berbagai kanal lainnya agar umat Kristiani yang belum dapat hadir secara langsung dapat turut mengikuti secara daring.

"Oleh karena itu kami mengajak umat Kristiani di seluruh penjuru tanah air yang belum dapat hadir secara langsung untuk turut mengikuti perayaan Natal secara daring. Semoga damai kasih dan suka cita Natal dapat senantiasa menyinari kita semua," kata Budi Arie.

Budi juga memastikan tidak ada tendensi ke arah keberpihakan politik maupun yang berhubungan dengan Pemilu dalam khotbah yang akan disampaikan dalam acara tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Doakan Perdamaian untuk Indonesia

Secara umum Budi maupun para pendeta memastikan mendoakan perdamaian di Indonesia, terutama mengenai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom berharap melalui Natal Nasional 2023, Surabaya dapat menjadi ikon kerukunan di tengah keragaman yang ada.

"Dengan harapan Surabaya jadi ikon untuk kerukunan. Kita harapkan Surabaya yang sudah rukun beberapa tahun ini, akan semakin rukun lagi di tengah keragaman yang ada, itu harapan kita semua," kata Pendeta Gultom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,
    Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,

    Mahfud MD

  • Perayaan Natal