Sukses

Cuaca Indonesia Hari Ini Jumat 1 Desember 2023: Awan Tebal, Hujan Petir Pagi hingga Siang di Sebagian Wilayah

BMKG memprakirakan cuaca berawan mendominasi sebagian besar kota di Indonesia pada malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumah kota besar di Indonesia hari ini, Jumat (1/12/2023) diguyur hujan dan berpotensi disertai petir. Kondisi cuaca tersebut dilaporkan akan terjadi pada pagi hingga siang nanti.

Unntuk pagi hari ini, kota di Indonesia yang bakal diguyur hujan dibarengi petir terjadi di Kota Pontianak. Sementara, awan tebal menyelimuti Kota Serang dan Tanjung Pinang, sedangkan Samarinda berkabut. 

Siang nanti, BMKG mengungkap hujan petir terjadi di wilayah Jambi, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pinang. Sejumlah kota lainnya diguyur hujan ringan hingga sedang, terkecuali Kota Semarang diselimuti awan tebal. 

Beranjak malam, cuaca berawan mendominasi sebagian besar kota di Indonesia. Meski demikian tak sedikit pula kota-kota lainnya yang diprediksi bakal turun hujan dengan intensitas ringan. 

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota   Pagi   Siang  Malam
 Banda Aceh  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Denpasar  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Serang  Berawan Tebal   Hujan Ringan  Berawan
 Bengkulu  Berawan  Berawan  Berawan
 Yogyakarta  Berawan Hujan Ringan  Berawan Tebal
 Jakarta Pusat  Berawan   Berawan Hujan Ringan
Gorontalo Cerah Berawan Cerah Berawan Hujan Ringan
Jambi Berawan Hujan Petir Hujan Ringan
Bandung Hujan Ringan Hujan Petir Hujan Ringan
Semarang Berawan Berawan Tebal Hujan Ringan
Surabaya Cerah Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Pontianak Hujan Petir Hujan Petir Berawan Tebal 
Banjarmasin Berawan Hujan Petir Berawan
Palangkaraya Berawan Hujan Ringan Hujan Sedang
Samarinda Kabut Berawan Berawan
Tarakan Hujan Ringan Cerah Berawan Cerah Berawan
Pangkal Pinang Berawan Hujan Petir Berawan
Tanjung Pinang Berawan Tebal Hujan Petir Berawan
Bandar Lampung Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Ambon Cerah Berawan Berawan Berawan
Ternate Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Mataram  Berawan Hujan Sedang Berawan
Kupang Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
 Kota Jayapura  Cerah Berawan Berawan  Berawan
 Manokwari   Berawan Hujan Ringan  Berawan
 Pekanbaru  Hujan Ringan  Hujan Sedang Hujan Ringan
Mamuju Hujan Ringan Hujan Ringan Berawan
Makassar Hujan Ringan Hujan Ringan Berawan
Kendari  Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Manado Cerah Berawan Berawan Berawan
Padang Berawan Hujan Ringan Berawan
Palembang Berawan Berawan Cerah Berawan
Medan Hujan Ringan Berawan Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi Cuaca Ekstrem Landa Puncak Bogor, Wisatawan Diminta Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem melanda kawasan Puncak, Bogor dan sekitarnya seiring datangnya musim hujan di penghujung 2023.

Untuk itu, BMKG mewanti-wanti masyarakat khususnya wisatawan yang akan berwisata di Puncak untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem di masa peralihan (Pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan.

"Saat ini wilayah Bogor Raya sudah memasuki musim hujan. Potensi bencana hidrometeorologis makin kerap terjadi. Jadi wisatawan di Puncak Bogor agar waspada saat wisata outdoor seperti camping, susur sungai, hiking dan lainnya," kata Kepala Stasiun Meteorologi Citeko, Fatuhri Syabani, Kamis (30/11/2023).

Menurut dia, dari prakiraan yang diterbitkan oleh Staklim Jabar, puncak musim hujan di wilayah Bogor terjadi pada periode Desember dan Januari. Karenanya, kejadian cuaca ekstrem akibat curah hujan tinggi diprakirakan masih akan terjadi di bulan tersebut.

Fatuhri mengatakan, curah hujan tinggi dapat menjadi salah satu pemicu bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir bandang, angin puting beliung dan tanah longsor.

"Jika memang tetap akan dilakukan berwisata, hindari berada di sekitar lereng (bahaya longsor) dan daerah aliran sungai (bahaya banjir bandang)," beber dia.

Jika hujan lebat, pihaknya juga meminta pengendara untuk menepi bila jarak pandang berkurang. Kemudian, segera berlindung di tempat aman jika terdengar guntur atau petir.

"Waspada ada limpasan air di jalan yang dapat mengakibatkan terseretnya kendaraan terutama roda 2," kata Fatuhri.

3 dari 3 halaman

Banjir dan Longsor di Bogor

Dalam sepekan ini, wilayah Bogor dan sekitarnya dilanda banjir, longsor, angin kencang, dan pohon tumbang dampak cuaca ekstrem.

Terbaru, Jalan Cikopo Selatan, Desa Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, tertimbun longsoran pada Rabu malam 29 November 2023. Akibatnya, jalur alternatif Puncak hanya bisa dilalui satu lajur.

Kemudian, seorang pria terseret arus saat membuat konten di aliran Sungai Cianten, Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor pada Selasa (28/11/2023). Hingga Kamis sore, pencarian korban atas nama Achmad Sanusi (35) masih berlanjut.

Sementara itu, bencana longsor terjadi di Desa Petir, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor pada Senin (27/11/2023). Pasangan suami istri (pasutri) atas nama Rahmat (39) dan Eva (36) tewas tertimbun longsor.

Selanjutnya, banjir melanda sejumlah wilayah Kecamatan Cijeruk pada Jumat (24/11/2023). Dampak kejadian ini rumah-rumah warga, tempat usaha dan SPBU di wilayah itu terendam banjir. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.