Sukses

Wapres Ma’ruf Amin Serukan Peran Penting Tokoh Agama untuk Hentikan Konflik Israel-Palestina

Wapres Ma'ruf Amin menyerukan peran penting tokoh agama di seluruh dunia untuk menghentikan konflik Israel-Palestina. Hal ini disampaikan Ma'ruf saat bertemu Uskup Agung His Beatitude Ieronymos II di Athena, Yunani.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu misi kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ke Yunani yakni menyampaikan pesan perdamaian di tengah memanasnya situasi global akibat perang.

Saat bertemu dengan Uskup Agung Athena, His Beatitude Ieronymos II, Ma’ruf menyerukan peran penting tokoh agama untuk meredam konflik Israel-Palestina

“Saya ingin mendorong supaya peran tokoh agama lebih dikuatkan lagi dalam ikut membangun perdamaian di berbagai wilayah yang masih konflik,” ungkap Ma’ruf, Jumat (24/11/2023). 

Ma’ruf menerangkan bahwa Uskup Ieronymos II memiliki kelompok gereja yang berbeda dengan Vatikan. Sehingga, ia mengharapkan kelompok ini turut berperan aktif dalam membangun toleransi dan kedamaian di seluruh penjuru dunia. 

“Kita ingin punya kesamaan di dalam rangka membangun toleransi dan kedamaian, kita ingin ajaran-ajaran agama itu menjadi solusi kemanusiaan terutama di masa konflik,” tuturnya. 

Adapun Yunani, lanjut Ma’ruf, juga memiliki karakteristik yang sama dengan Indonesia dalam kehidupan keberagamaannya. Menurutnya, meskipun terdapat berbagai agama, masyarakat Yunani tetap membangun kasih sayang di antara manusia tanpa membedakan agama yang dianutnya. 

“Dia juga sama, di negara dia sendiri, dia ingin membangun bahkan di sini mulai diajarkan tentang studi Islam di universitas. Jadi sudah mulai terbuka begitu, dan juga untuk pengungsi-pengungsi mereka juga perlakukan dengan baik,” ujar Wapres Ma'ruf Amin

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Tokoh Agama di Yunani Bantu Selesaikan Konflik Dunia

Hal ini menurut Ma’ruf membuktikan, Yunani juga ingin terus membangun relasi yang baik dengan berbagai agama yang berbeda dengan mayoritas agama yang dianut masyarakatnya. 

“Artinya mereka ingin juga membangun hubungan yang baik dengan pihak Islam. Mungkin dulu waktu Islam masuk ke Eropa ada pergesekan, tetapi sekarang (damai). Kalau kita kan Islam masuk ke Indonesia dalam damai,” kata Wapres.

Oleh karena itu, sekali lagi Ma’ruf menyerukan kepada para tokoh agama di Yunani untuk terus berperan aktif dalam menjaga toleransi dan kedamaian, termasuk membantu menyelesaikan konflik-konflik di berbagai belahan dunia. 

“Dunia ini sedang tidak baik-baik saja, maka dari itu, tokoh-tokoh agama harus mengambil peran lebih, pertemuan-pertemuan yang banyak, mungkin dari pertemuan-pertemuan itu akan ada Indonesia mengundang mereka,” kata dia. 

 

3 dari 4 halaman

Uskup Agung Yunani Kutuk Kekerasan Terhadap Sipil

Senada dengan apa yang disampaikan Wapres Ma'ruf, Uskup Agung Yunani juga menyatakan bahwa pihaknya menentang keras aksi kekerasan dan penculikan terhadap warga sipil, khususnya anak-anak.

“Kami mengutuk penyanderaan, penculikan, dan kekerasan yang dilakukan terhadap warga sipil tak berdosa, dan khususnya anak-anak,” jelas Uskup Agung Ieronymos II.

Uskup Agung Ieronymos II menekankan pentingnya musyawarah segera untuk menyelesaikan berbagai konflik, khususnya bagi kasus Israel dan Palestina.

“Dan negosiasi serta musyawarah harus segera dimulai untuk penyelesaian masalah,” tambahnya.

Mengakhiri pertemuannya, Uskup Agung Ieronymos II mengajak Ma’ruf mewujudkan upaya perdamaian dunia seraya memanjatkan doa kepada Sang Maha Pencipta.

“Yang terpenting adalah kita harus berdoa, kita harus berdoa kepada Tuhan agar dapat segera memberikan solusi dengan cara yang paling damai,” tutupnya.   

 

4 dari 4 halaman

Ma'ruf Amin Lawatan ke Yunani, Slovakia, hingga Malaysia

Sebagai informasi, Wapres Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke tiga negara di Eropa dan Asia Tenggara. Lawatan manca negara Wapres Ma'ruf ini diawali dengan bertemu Perdana Menteri (PM) Yunani di Athena untuk membahas sejumlah kerja sama.

Selain itu, Wapres Ma’ruf juga memenuhi undangan dari uskup agung gereja ortodoks Yunani.

Usai dua hari kunjungan kerja di Yunani, Wapres Ma'ruf Amin akan melanjutkan kunker ke Slovakia. Agenda pertama, Ma'ruf akan bertemu dengan pimpinan negara di Slovakia.

 

Selain itu, Ma'ruf juga akan berkunjung ke Islamic Museum Slovakia dan juga bertemu dengan para pengusaha yang berorientasi untuk produk halal di Slovakia.

Terakhir, Ma'ruf Amin akan berkunjung ke Malaysia dan bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Ma'ruf akan menghadiri acara global muslim bisnis forum di negeri jiran itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini