Sukses

6 Langkah Kecil Ini Bisa Selamatkan Bumi, Yuk Bisa Yuk!

Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan guna menjaga kelestariannya. Bahkan satu langkah kecil Anda bisa menyelamatkan bumi.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga lingkungan dan kelestarian alam menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah dan dunia usaha melainkan juga seluruh lapisan masyarakat. Selain menanam pohon, masih ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan guna menjaga kelestarian alam. Bahkan satu langkah kecil Anda bisa menyelamatkan bumi, seperti apa itu?

Tak dipungkiri, berbagai kerusakan alam saat ini sedikit banyak disebabkan karena ulah tangan manusia. Yang parahnya, hal itu seringkali tidak disadari bahkan dianggap sepele. Padahal hal yang remeh itu jika dilakukan terus-terusan juga dapat merusak bumi.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan alam dari kerusakan yang lebih parah?

Berikut ini adalah langkah-langkah kecil untuk selamatkan bumi yang bisa diterapkan dalam keseharian.

1. Gunakan Tas Belanja Reusable Bag

Sebagai upaya menjaga lingkungan, baiknya gunakan tas belanja yang bisa dipakai berulang atau reusable bag. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai yang merupakan salah satu penyumbang terbesar sampah plastik. Terlebih, jenis tas ini umumnya muat banyak dan lebih kuat untuk menampung belanjaan.

2. Gunakan Botol yang bisa Diisi Ulang 

Selain tas belanja, Anda juga dapat menggunakan botol yang bisa diisi ulang untuk mengurangi sampah plastik. Memang, daur ulang botol plastik sekarang ini sudah ada banyak. Namun tentu jauh lebih baik mengurangi limbah yang dimiliki.

Untuk itu, jangan lupa membawa botol minum isi ulang ke mana pun Anda pergi. Jadi ketika haus, Anda tidak perlu lagi membeli air minum dalam kemasan. Tinggal minum saja di botol yang Anda bawa. Lebih hemat juga kan?

3. Pilih Pembayaran Cashless 

Pembayaran cashless selama ini banyak disukai karena dinilai mudah dan praktis. Namun siapa sangka jika metode ini juga lebih ramah lingkungan? Ya, dibanding transaksi tunai yang melibatkan uang asli dan struk, cashless lebih baik untuk keberlanjutan. Pasalnya secara tidak langsung Anda telah membantu mengurangi limbah kertas dari penggunaan struk dan uang kertas.

Dengan menurunnya kebutuhan akan kertas baru, itu artinya Anda juga telah ikut menjaga kekayaan sumber daya alam. Sehingga bumi tidak semakin tereksploitasi dan mengalami pencemaran yang diakibatkan oleh penggunaannya.

Untuk pembayaran cashless yang aman dan nyaman, Anda bisa gunakan layanan digital dari BRImo. Di sini, Anda bisa pilih beragam fitur yang tersedia, mulai dari QRIS, BRIVA hingga Dompet Digital BRI untuk semua transaksi Anda.

Dengan BRImo, Anda juga memiliki kesempatan mengikuti program BRImoFSTVL dan menikmati langsung beragam voucher serta cashback-nya. Tidak ketinggalan juga grand prize mobil listrik yang akan diundi setelah periode berakhir pada 31 Desember 2023. Anda bisa cek pda halaman website BRI, di https://bbri.id/BRImoFSTVL untuk menyimak lebih lanjut informasi mengenai program BRImo FSTVL ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pakai Listrik Seperlunya

Siapa yang menduga jika menggunakan listrik seperlunya juga termasuk langkah menyelamatkan bumi. Selain agar menghemat energi, cara ini juga bisa membuat Anda lebih irit pengeluaran loh. Hal-hal remeh seperti mencabut charger, mematikan lampu, tv dan alat elektronik lain saat tidak digunakan menjadi hal yang wajib dibiasakan. Dengan begitu, emisi karbon yang dihasilkan dari penggunaan energi listrik tidak akan semakin parah hingga mengacu pada pemanasan global.

5. Bersepeda 

Asap sisa bahan bakar kendaraan merupakan penyebab utama emisi karbon yang memicu perubahan iklim. Dengan kata lain, ketika Anda bepergian dengan motor atau mobil pribadi, maka Anda telah menyumbang polusi udara.

Sebagai gantinya, Anda bisa gunakan sepeda kayuh untuk kendaraan sehari-hari. Bila jarak tempuh tergolong dekat, pertimbangkan juga untuk jalan kaki. Alternatif lain, Anda bisa naik kendaraan umum seperti bus, angkot atau lainnya.

6. Buang Sampah Pada Tempatnya

Satu lagi langkah kecil yang bisa menyelamatkan bumi adalah membuang sampah pada tempatnya. Dengan tidak membuang sembarangan, pencemaran lingkungan akan berkurang sehingga bencana alam seperti banjir bisa dicegah. Saat hendak buang sampah, jangan lupa juga untuk memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Tujuannya agar memudahkan saat didaur ulang nantinya.

Nah, itulah tadi tindakan-tindakan kecil dalam keseharian yang bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan. Ingat, semua hal itu perlu dimulai dari diri sendiri. Satu langkah kecil Anda bisa menyelamatkan bumi. Jadi, jangan remehkan hal-hal sepele di dekat Anda yang bisa berdampak pada alam sekitar.

Yuk, buruan Download BRImo, Perbanyak Transaksi, Tingkatkan Saldo dan Kumpulkan BRIpoin. Dapatkan Beragam Kebahagiaan di BRImo FSTVL #BRImo #BRImoFSTVL

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini