Sukses

BUMD DKI Perumda Dharma Jaya Bakal Suplai Kebutuhan Daging Sapi di Kabupaten Karimun Kepri

BUMD milik Pemprov DKI Jakarta, Perumda Dharma Jaya menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) dalam pemenuhan kebutuhan daging sapi di Kabupaten Karimun.

Liputan6.com, Jakarta - BUMD milik Pemprov DKI Jakarta, Perumda Dharma Jaya menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) dalam pemenuhan kebutuhan daging sapi di Kabupaten Karimun.

Direktur Bisnis Perumda Dharma Jaya, Irwan Nusyirwan menyebut, kerja sama dituangkan dalam Nota Kesepahaman atau MoU bersama PT Karya Karimun Mandiri.

Irwan Nusyirwan mengatakan pihaknya akan menyuplai sebanyak 20 ton daging sapi beku untuk pengiriman perdana sesuai dengan permintaan Pemkab Karimun.

"Kebutuhan masyarakat di Kabupaten Karimun sebanyak 30 ton per bulan. Rencananya untuk pengiriman perdana, minimal satu kontainer berisi 20 ton daging sapi beku sesuai permintaan Kabupaten Karimun," kata Irwan kepada wartawan, Kamis (2/11/2023).

Kata dia, suplai daging sapi beku tersebut nantinya sebagai bentuk dukungan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Karimun. Irwan juga menyebut Perumda Dharma Jaya terus meningkatkan kemitraan atau kerja sama dengan daerah lain dalam hal kebutuhan pangan hewani. 

"Hal ini merupakan bentuk sinergitas antar daerah, harus saling menopang dari sisi ketahanan pangan protein hewani dan komersialnya," ucapnya.

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman menyatakan terdapat sejumlah lain di Indonesia yang menjadi lokasi suplai produk pangan hewani. Seperti Lampung berupa telur, Blora daging sapi, dan Malang daging ayam.

"DKI Jakarta bukan hanya membeli, tetapi memastikan untuk membantu daerah-daerah yang kesulitan sehingga dapat mencegah inflasi. Ini sejalan dengan tagline DKI Jakarta yaitu Sukses Jakarta untuk Indonesia," jelas dia.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Tiga Swalayan Protein

Sementara itu, Direktur Utama PT Karya Karimun Mandiri, Yuwono menilai sebagai salah satu BUMD pangan DKI Jakarta sekaligus penggiat bisnis protein hewani yang berpengalaman menjadi alasan perusahaannya bekerjasama dengan Perumda Dharma Jaya.

"Karena Perumda Dharma Jaya sudah memiliki pengalaman. Harapannya, MoU ini dapat dilanjutkan ke Perjanjian Kerja Sama dan bisa berkontribusi dalam menekan inflasi sektor konsumsi daging di Kabupaten Karimun juga membuka peluang bisnis lainnya," kata Yuwono.

Sebelumnya, untuk mempermudah akses masyarakat mendapatkan produk pangan hewani Djawara, Perumda Dharma Jaya akan membangun swalayan protein dengan nama “Djawara Meat and Grocery”. Swalayan protein yang berkonsep pasar modern dan tahap awal akan dibangun di 3 lokasi merupakan pengembangan dari Meat Shop yang selama ini sudah ada melayani warga Jakarta.

“Swalayan protein ini merupakan pengembangan dari meat shop yang sudah ada di Cakung, didepan kantor Perumda Dharma Jaya. Meat shop ini akan kita upscaling atau tingkatkan lagi, sehingga tempatnya menjadi lebih representative,” kata Direktur Bisnis Perumda Dharma Jaya, Feldiansyah dikutip (19/7/2023).

Pembangunan Swalayan Protein, kata Feldiansyah, akan dilakukan dalam tiga tahap. Untuk tahap/fase 1, akan dibangun tiga swalayan protein di tiga lokasi, yaitu di depan kantor pusat Perumda Dharma Jaya, Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur dengan luas 2.000 meter persegi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini