Sukses

Pemkot Depok Berikan Bantuan Rehabilitasi untuk 1.980 Unit RTLH

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memberikan bantuan untuk rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Pemerintah Kota Depok akan membantu RTLH di Kota Depok sebanyak 1.980 unit melalui program Kartu Depok Sejahtera (KDS).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memberikan bantuan untuk rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Pemerintah Kota Depok akan membantu RTLH di Kota Depok sebanyak 1.980 unit melalui program Kartu Depok Sejahtera (KDS).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, program perbaikan RTLH telah dilaksanakan melalui program KDS. Bantuan perbaikan RTLH milik warga akan dilakukan dengan cara memberikan dana non tunai melalui bank.

“Pembangunan RTLH sebanyak 1.980 unit melalui program KDS,” ujar Idris, Kamis (26/10/2023).

Idris menjelaskan, sebelumnya Pemerintah Kota Depok menerima proposal pengajuan perbaikan RTLH sebanyak 2.211 unit. Atas usulan tersebut Pemerintah Kota Depok melakukan verifikasi dan sebanyak 1.980 unit segera dilakukan perbaikan.

“Setiap unit RTLH akan mendapatkan bantuan sebesar Rp23 juta,” jelas Idris.

Nantinya, para pemilik RTLH akan diberikan buku tabungan sehingga uang bantuan perbaikan diberikan melalui tabungan tersebut. Adapun rincian bantuan sebesar Rp23 juta diperuntukan untuk pembelian material bangunan Rp20 juta dan upah pekerja Rp3 juta.

“Untuk pembangunan yang memang sangat pokok didahulukan, setelah itu baru pelengkap-pelengkapnya,” ucap Idris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Dana Tambahan

Idris mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan terdapat dana tambahan dari sumber lainnya untuk rehabilitasi RTLH. Nantinya segala bentuk penggunaan anggaran yang disalurkan Pemerintah Kota Depok, penerima bantuan akan membuat laporan pertanggungjawaban kepada Pemerintah Kota Depok.

“Kalau memang ada biaya lebih atau biaya tambahan dari sumber yang lain untuk mereka, bisa saja. Tentunya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ungkap Idris.

Idris mengakui, pemberian dana bantuan rehabilitasi sebesar Rp23 juta, sebelumnya sudah diperhitungkan Pemerintah Kota Depok. Penerima bantuan diharapkan dapat menggunakan anggaran tersebut secara hemat dan sesuai kebutuhan.

“Warga setempat dapat melakukan gotong royong membangun RTLH, begitupun dengan penghuninya ikut bekerja,” terang Idris.

3 dari 3 halaman

Berharap Program KDS RTLH Dapat Ringankan Masyarakat

Pemerintah Kota Depok berharap, program KDS RTLH dapat meringankan masyarakat melakukan perbaikan. Program KDS merupakan salah satu bagian program kerja Pemerintah Kota Depok untuk mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui program KDS RTLH warga Depok merasakan kebahagian, dengan kebahagian mereka akan bisa hidup lebih Sejahtera,” pungkas Idris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.